Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik dari Semarang Menuju Jakarta Dapat Diskon Tarif Tol 20 Persen

Kompas.com - 24/04/2023, 11:29 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menambah diskon tarif 20 persen untuk Jalan Tol Trans-Jawa pada periode arus balik.

Diskon tarif tol yang semula hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), kini akan berlaku dari Semarang hingga Jakarta, tepatnya dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan GT Cikampek Utama Jalan Tol Japek.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, diskon tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans-Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus.

Artinya, diskon hanya berlaku bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

"Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB," ujar Lisye dalam keterangan resminya.

Perjalanan ini juga akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lain, dimulai dari Tol Batang-Semarang, Tol Pemalang-Batang, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Kanci-Pejagan, Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Japek.

Besaran diskon tarif tol 20 persen untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta adalah menjadi:

Baca juga: Pasca Kebakaran Hutan, Tol Pekanbaru-Dumai Masih Aman untuk Dilintasi

  • Kendaraan Golongan I: semula Rp 372.000 menjadi Rp 297.600, diskon sebesar Rp 74.400
  • Kendaraan Golongan II dan III: semula Rp 575.000 menjadi Rp 499.200, diskon sebesar Rp 75.800
  • Kendaraan Golongan IV dan V: semula Rp 758.000 menjadi Rp 655.600, diskon sebesar Rp 102.400
  • Khusus untuk di Tol Cipali, diskon 20 persen hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

"Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan," tambah Lisye.

Persiapan yang dimaksud di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

Khusus untuk perjalanan di Jalan Tol Trans-Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya.

"Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol," ucap Lisye.

Saat memasuki GT Cikampek Utama, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak kepada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com