Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah di Bogor Naik 7 Persen, Lebih Tinggi dari Kota Lain di Jabodetabek

Kompas.com - 17/03/2023, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Harga rumah di wilayah Bogor pada bulan Februari 2023 tercatat mengalami kenaikan hingga 7 persen bila dibandingkan dengan bulan Februari tahun lalu.

Hal tersebut terungkap dalam Flash Report Rumah123.com bulan Maret 2023, mengenai kondisi pasar properti bulan Februari 2023.

Kenaikan harga rumah di Bogor bahkan lebih tinggi dari empat kota lainnya yang ada di area Jabodetabek.

Baca juga: Kawasan Bogor Jadi Incaran Pemburu Properti

Di Kota Depok harga rumah yang naik belum mencapai 5 persen (4,6 persen). Sementara di Kota Tangerang, kenaikan harga rumah tercatat ada di angka 4,1 persen.

Sedangkan di dua kota lainnya yakni Jakarta dan Bekasi, kenaikan harga rumah tidak terlalu signifikan yakni masing-masing 2,8 persen dan 2,7 persen.

Tak hanya di Jabodetabek, kenaikan harga rumah secara tahunan juga terjadi di hampir semua kota besar lain di Pulau Jawa.

 

Di kota Yogyakarta, harga rumah naik hingga 6 persen. Sementar itu di Semarang naik 5,4 persen, Surakarta naik 3,7 persen, Surabaya naik 1,3 persen dan Bandung naik 0,6 persen.

Harga rumah di beberapa kota besar lain di luar Pulau Jawa juga mengalami kenaikan. Selain Makassar (naik 4,1 persen), kenaikan harga rumah tapak secara tahunan juga terjadi di Medan (5,3 persen) dan Denpasar (4,8 persen).

Baca juga: Pilihan Rumah Murah di Bogor, Check Out Sebelum Harga Naik (II)

Dari sisi volume suplai rumah, Rumah123.com mencatat kenaikan suplai sebesar 5 persen pada bulan Februari 2023 dibandingkan Januari 2023.

Sedangkan secara tahunan, volume suplai rumah mengalami pertumbuhan hingga 32 persen sejak Februari 2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com