Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 70,1 Persen, Jasa Marga Berhasil Bukukan Laba Bersih Rp 2,75 Triliun

Kompas.com - 03/03/2023, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berhasil mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2022.

Salah satu pencapaian yang dibuat adalah mencetak laba bersih sebesar Rp2,75 triliun. Jumlah tersebut meningkat 70,1 persen dibandingkan dengan capaian pada tahun 2021.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Corporate Communication & Community Jasa Marga, Lisye Octaviana menyampaikan peningkatan kinerja positif Jasa Marga pada tahun 2022 juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp13,8 triliun atau tumbuh 17 persen.

“Naiknya pos pendapatan tersebut merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp12,4 triliun atau naik 15,4 persen dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp1,4 triliun atau naik 35,2 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya,” ujar Lisye.

Baca juga: Terima Banyak Keluhan, Jasa Marga Tangani Kerusakan Tol Japek

Tidak hanya itu, dikatakan, EBITDA Perseroan juga mencapai Rp 8,7 triliun atau tumbuh sebesar 13,1 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Begitu pun dengan realisasi EBITDA Margin yang mencapai 63 persen seiring dengan peningkatan kinerja Perseroan karena telah beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif bagi Perseroan.

Dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, sepanjang tahun 2022, Jasa Marga telah melanjutkan program asset recycling yang merupakan strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis. 

Beberapa di antaranya yaitu Spin Off Divisi Regional Jasamarga Transjawa Tollroad ke anak usaha PT Jasamarga Transjawa Toll dan penandatanganan Sales Purchase Agreement antara Perseroan dengan PT Margautama Nusantara untuk PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, anak usaha PT Jasamarga Transjawa Tol yang mengelola Jalan Layang MBZ.

Baca juga: Jual Saham Tol Trans-Jawa, Jasa Marga Incar Rp 19 Triliun Bangun Tol Probowangi

Jasa Marga juga berhasil menambah konsesi jalan tol di tahun 2022 dengan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,6 Km.

Hal ini membuat di akhir tahun 2022 total panjang konsesi jalan tol milik Perseroan mencapai 1.906 Km (termasuk panjang jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sepanjang 96,6 Km).

Sementara itu, untuk total jalan tol operasi, Perseroan saat ini mengelola total 50% jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 Km.

Inovasi Jasa Marga

Sebagai market leader di bisnis jalan tol Indonesia, Jasa Marga terus melakukan pengembangan inovasi berbasis teknologi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan serta peningkatan kualitas infrastruktur jalan tol.

Sejumlah inovasi yang dikembangkan di tahun 2022, yaitu integrasi peralatan Speed Camera dan Weigh In Motion (WIM) dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Korlantas Polri di sejumlah ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga.

Perseroan juga melakukan implementasi Jasamarga Integrated Digitalmap pada Jasa Marga Tollroad Command Center, hingga pengembangan fitur baru aplikasi Travoy yakni fitur Event Lalu Lintas yang dilengkapi dengan Push Notification sehingga pengguna jalan mendapatkan informasi update dan real time.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com