Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Tanah Lunak Tol Indralaya-Prabumulih, HKI Pakai Teknologi Ini

Kompas.com - 02/03/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya Infrastruktur atau HKI menggunakan geofoam pada oprit jembatan untuk membangun Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi II HKI Selo Tjahjono menjabarkan, penggunaan geofoam bertujuan untuk menggantikan material timbunan di belakang oprit yang berat.

Geofoam merupakan salah satu material geosintetik yang terbuat dari polimer Expanded Polystyrene dan Xtruded Polystyrene (XPS) yang mempunyai properti berat jenis yang lebih rendah dibandingkan material granular atau tanah.

“Dengan penggunaan geofoam, diharapkan meminimalisasi penurunan oprit selama masa layanan jalan," ucap Selo dilansir dari siaran pers, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, keunggulan geofoam adalah mudah diaplikasikan, mutu yang mudah dikontrol, dan tidak terkendala dengan cuaca.

Untuk di area jembatan Kelekar yang lokasinya cukup sulit dijangkau crane, dilakukan girder erection dengan metode launcher.

Baca juga: Hutama Karya Gandeng Anak Usaha Kebut Pembangunan Tol Indralaya-Prabumulih

Metode launcher pada girder erection dipilih karena dimensi pier head yang besar sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan crane.

Untuk di lokasi-lokasi tanah lunak, digunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Preloading sebagai penanganan khusus.

PVD merupakan salah satu bahan geosintetik yang berbentuk pita terdiri dari inti (core) dan selimut (jacket) yang dipasang secara vertikal dan berfungsi sebagai penyalur air dari bawah ke atas (vertikal).

Sedangkan preloading adalah salah satu jenis penanganan tanah lunak dengan cara memberikan beban berupa timbunan permukaan yang berfungsi sebagai pengganti beban perkerasan dan lalu lintas selama proses konsolidasi.

Selain Tol Indralaya-Prabumulih, HKI jug juga masih mengerjakan sejumlah ruas JTTS seperti Jalan Tol Padang-Sicincin dan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com