Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Pembebasan Lahan Bendungan Margatiga Tercatat Paling Jumbo Tahun 2022

Kompas.com - 27/02/2023, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat, Bendungan Margatiga di Provinsi Lampung menjadi proyek bendungan yang mendapatkan pendanaan lahan terbesar selama tahun 2022 yaitu sebesar Rp 916 miliar.

Informasi ini sebagaimana disampaikan Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan Qoswara di Solo, Minggu (26/2/2023).

"Tadi, kedua (sektor) bendungan, bendungan paling besar tahun lalu itu Margatiga di Lampung itu sekitar Rp 916 miliar," tutur dia.

Lalu, diikuti Bendungan Bener di Jawa Tengah sekitar Rp 701 miliar, dan Bendungan Sadawarna di Jawa Barat itu Rp 532 miliar.

Keempat, ada Bendungan Karian di Banten Rp 305 miliar, serta Bendungan Bulango Ulu di Gorontalo senilai Rp 192 miliar.

Sementara, dari sektor jalan tol, pendanaan lahan di Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulonprogo menjadi yang terbesar dibayarkan oleh LMAN tahun lalu yaitu senilai Rp 2,98 triliun.

Baca juga: Hingga Tahun 2022, LMAN Kucurkan Rp 101,36 Triliun untuk Pembebasan Lahan

"Jadi, untuk jalan tol, top five-nya, lima besarnya, Tol Solo-Jogja itu nomor satu selama 2022, Rp 2,982 triliun, nomor satu ya," sambungnya.

Artinya, total dana lahan yang dikucurkan LMAN di ruas jalan tol tersebut mencapai Rp 5,92 triliun.

Kemudian, posisi kedua ditempati oleh Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sebesar Rp 2,021 triliun dikucurkan LMAN pada tahun lalu.

Selanjutnya, Tol Yogyakarta-Bawen sebanyak Rp 986 miliar, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan dan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi), masing-masing senilai Rp 806 miliar dan Rp 706 miliar.

Sementara secara keseluruhan, LMAN mendapatkan mandat untuk mendanai lahan pada tahun 2022 sebesar Rp 28,84 triliun dari Pemerintah untuk berbagai proyek infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com