Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2023, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Hingga 17 Februari 2023, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengucurkan pendanaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebesar Rp 1,28 triliun.

Menurut Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi, pendanaan lahan PSN selama tahun 2022 paling banyak dikucurkan bagi sektor jalan tol yaitu Rp 1,12 triliun.

Kemudian, disusul dengan proyek dari sektor bendungan sebesar Rp 150 miliar, dan sisanya dari PSN lainnya seperti pelabuhan, perkeretaapian, maupun Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Dari Januari sampai dengan 17 Februari (2023), itu pendanaan lahan yang direalsiasikan sekitar Rp 1,28 triliun, bayangin baru satu setengah bulan sudah segitu," ungkap Basuki di Solo, Minggu (26/2/2023).

Basuki menambahkan, pada awal tahun ini akan banyak proyek-proyek yang mulai d kebut pengerjaanya, mengingat akan menjelang Lebaran.

Baca juga: Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo Raih Kredit Sindikasi Rp 9,89 Triliun

Biasanya, proyek juga akan dikebut pada akhir tahun yakni Oktober, November, Desember karena menjelang momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Basuki menjelaskan, realisasi pendanaan lahan ini meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19 yakni pada 2020 hingga 2022, tetapi realisasinya cukup besar.

Dengan begitu, ini berarti proyek yang dijalankan pemerintah berjalan dengan lancar.

“Realisasi pengadaan lahan dari 2020, 2021, 2022 totalnya mencapai Rp 58,85 triliun ini (dalam) tiga tahun. Hampir Rp 60 triliun,” jelasnya.

Sejak didirikan, LMAN telah membantu pemerintah melakukan pengadaan lahan untuk 106 PSN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun di antaranya pada tahun 2022, sebanyak 39 PSN jalan tol dan 17 PSN bendungan yang sudah diresmikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com