Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Konstruksi Tol Solo-Yogya-YIA Kulonprogo, Dua Seksi Masuk Persiapan

Kompas.com - 24/02/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sepanjang 96,57 kilometer masih terus berjalan.

Sejumlah ruas sudah ada yang masuk tahap konstruksi, sementara yang lainnya masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik.

Mengutip informasi resmi dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Jumat (24/02/2023), Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo terbagi dalam tiga seksi.

Saat ini untuk Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 km, konstruksinya terbagi menjadi Paket 1 Solo-Klaten (22,30 km), dan Paket 2 Klaten-Purwomartani (20,08 km).

Kedua paket tersebut progres konstruksinya telah mencapai 47,85 persen dan diharapkan dapat selesai pada akhir tahun 2023.

Baca juga: Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo Raih Kredit Sindikasi Rp 9,89 Triliun

Sementara Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 km, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 km, masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai pada kuartal 4 tahun 2025 mendatang.

Untuk Seksi 2 Purwomartani-Gamping terbagi menjadi dua paket, yaitu Paket 2.1 Purwomartani-Monjali (9,43 Km) dan Paket 2.2 Monjali-Gamping (14 Km) ditargetkan akan selesai konstruksi pada tahun 2025 mendatang.

Khusus untuk ruas Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 Km) dan Trihanggo-Junction Sleman (3,25 Km), ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2024 mendatang.

Selanjutnya untuk Seksi 3 Gamping-Purworejo terbagi pula menjadi Paket 3.1 Gamping-Wates (17,45 Km) dan Paket 3.2 Wates-Purworejo (13,32 Km).

Baca juga: Rencana Proyek Tol Lingkar Solo, Ditentang Tiga Bupati hingga Dipertanyakan Pakar

Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogoo yang awalnya dilaksanakan per seksi (seksi 1, 2 dan 3), namun kini disesuaikan menjadi pentahapan (tahap 1, 2, dan 3).

Hal iti dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk Yogyakarta via Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang nantinya juga akan terhubung dengan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.

Nantinya jalan tol yang akan menghubungkan Provinsi D.I. Yogyakarta dengan Kota Solo ini akan memiliki sembilan simpang susun (interchange) dan satu persimpangan (junction) Sleman.

Kesembilan Simpang Susun (SS) tersebut yakni, SS Kartosuro, SS Karanganom, SS Klaten, SS Prambanan dan Manisrenggo, SS Purwomartani, SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS YIA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com