Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tujuan Terkait

Layani 10.000 Sambungan Rumah, Ini Kecanggihan SPAM IKK Palukahan di Sumbar

Kompas.com - 13/02/2023, 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR) telah membangun fasilitas Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Palukahan yang terletak di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

SPAM yang dibangun pada tahun 2019 tersebut saat ini sudah melayani 10.000 unit Sambungan Rumah (SR) dan ditambah untuk ZAM (Zona Air Minum) sebanyak 245 SR. Capaian tersebut lebih besar dari target rencana sebesar 8.000 unit SR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

"Pemenuhan kebutuhan air minum ini menjadi salah satu prioritas di samping program sanitasi, terutama untuk menangani stunting atau gangguan pertumbuhan pada balita karena kekurangan air bersih dan sanitasi," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (13/02/2023).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat, Kusworo Darpito menjelaskan, SPAM IKK Palukahan merupakan pengembangan sistem yang telah ada untuk memanfaatkan kapasitas sumber air yang cukup besar di kawasan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah.

"Sehingga pelayanan air minum di Kecamatan Koto Tangah, Padang Utara dan Nanggalo dapat tercapai 100 persen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Kuranji, dan Kecamatan Nanggalo," katanya.

Baca juga: Warga DKI Bakal Dilarang Ambil Air Tanah jika Dua SPAM Ini Tuntas

Sebelum SPAM Palukahan dibangun, pasokan air tiga kecamatan dengan 30.000 pelanggan tersebut dialiri dari SPAM IKK Taban. Namun demikian, pelayanan kepada masyarakat jauh dari memuaskan.

Adapun fasilitas terbaru dan canggih yang dibangun pada SPAM IKK Palukahan seperti pengolahan airnya termasuk ramah lingkungan, karena menggunakan sistem gravitasi dari intake ke IPA yang posisinya di hulu.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) dari SPAM IKK Palukahan juga sudah di desain Indoor sehingga aman dari paparan matahari yang bisa mempercepat tumbuhnya alga atau lumut yang berpengaruh pada rasa air dan mejaga suhu air juga.

Di samping itu juga teknologi IPA dilengkapi SCADA sehingga bisa dikontrol dan dimonitoring dengan efektif dan efisien dari jumlah operator. Penggunaan streaming current monitor menunjang monitoring proses dan optimalisasi pemakaian bahan kimia koagulan.

Baca juga: Tahun 2024, SPAM Banjarbakula Ditarget Layani 74.202 Sambungan Rumah

Lalu Reservoir sudah menggunakan glass steel dan bahan food grade sehingga sangat baik untuk teknologi air siap minum. Tak kalah pentingnya juga IPA berada di daerah aman Tsunami dan sudah didesain ramah gempa kali sekaligus untuk mitigasi bencana.

SPAM IKK Palukahan Gadang Kota Padang memiliki kapasitas 100 liter/detik bersumber dari Sungai Palukahan. SPAM ini melayani akses air minum kawasan Padang Utara.

Adapun intake dan pipa transmisi dibangun oleh Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada tahun 2016-2017, dan untuk Unit Produksi dan jaringan pipa distribusi utama dibangun oleh Ditjen Cipta Karya Tahun 2019 dengan anggaran Rp 26,6 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+