Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

466.241 Orang Mudik Naik Kereta Selama Libur Imlek, Ini Rute Favoritnya

Kompas.com - 24/01/2023, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani sebanyak 466.241 pelanggan atau rata-rata 116.560 pelanggan kereta api (KA) jarak jauh selama libur panjang Tahun Baru Imlek 2574 dari 20-23 Januari 2023.

Jumlah pelanggan tersebut mengalami peningkatan 16 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya yakni 13-16 Januari 2023 sebayak 400.309 pelanggan KA jarak jauh.

Untuk mengakomodasi meningkatnya volume pelanggan tersebut, total perjalanan kereta yang dioperasikan adalah sebanyak 919 perjalanan.

Angka tersebut sama dengan rata-rata 230 perjalanan KA per hari, naik dibanding pekan sebelumnya yaitu rata-rata 227 perjalanan KA per hari.

Puncak volume pelanggan pada periode libur panjang Tahun Baru Imlek terjadi pada 23 Januari 2023 sebanyak 130.603 orang.

Rute yang menjadi favorit masyarakat pada long weekend Tahun Baru Imlek di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Argo Cheribon (Gambir-Tegal pp), Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), Airlangga (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi pp), Serayu (Pasar Senen-Purwokerto pp), Putri Deli (Medan-Tanjungbalai), dan lainnya.

Baca juga: Ada Diskon Tiket Kereta hingga 20 Persen untuk Wartawan, Ini Syaratnya

"Kenaikan jumlah pelanggan pada libur long weekend Tahun Baru Imlek ini kami sertai dengan pelayanan yang baik," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya.

Untuk menyemarakkan long weekend Tahun Baru Imlek, KAI menggelar hiburan Barongsai dan membagikan buah tangan serta kue Imlek di berbagai stasiun.

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan layanan KA selama libur panjang akhir pekan ini juga dipengaruhi oleh promo yang KAI sediakan yaitu promo New Year Deals yang berlaku untuk keberangkatan 21 Januari-7 Februari 2023.

Hingga 24 Januari 2023, tiket promo New Year Deals yang terjual yaitu sebanyak 31.297 tiket atau melebihi 44,52 persen dari tiket yang disediakan sebanyak 21.656.

Oleh karena itu, KAI menambah kuota promo New Year Deals karena minat masyarakat sangat tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+