Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Bersihkan Kolam Renang saat Musim Hujan?

Kompas.com - 28/12/2022, 14:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan, kolam renang tidak lagi menjadi incaran orang-orang maupun anak-anak untuk rekreasi, berbeda dengan musim panas.

Ketika liburan musim panas, kebanyakan kolam renang akan dipenuhi dengan pengunjung yang ingin memanfaatkan cuaca cerah untuk berenang.

Melakukan perawatan dan pembersihan kolam renang ketika musim panas lebih mudah karena kotorannya berupa partikel-partikel yang terlihat, seperti dedaunan atau pasir di dasar kolam.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kolam renang ketika musim hujan? Dilansir dari Forbes, begini caranya:

Baca juga: Mau Buat Kolam Renang? Kenali 8 Jenisnya

Perawatan kolam renang ketika musim hujan relatif sama dengan musim panas, hanya membutuhkan perhatian dan interval yang lebih.

Curah hujan dan angin saat musim hujan dapat membuat kolam renang mudah kotor karena banyaknya debu dan kotoran yang berterbangan.

Bila hal ini terjadi, gunakan jaring untuk mengangkat kotoran-kotoran besar, diikuti dengan menggunakan vakum untuk mengangkat debu dari dasar kolam.

Jika ganggang air mulai tumbuh, segera bersihkan kolam. Menunda pembersihan ini dapat berakibat fatal dan membuat kolam penuh dengan ganggang serta lumut karena sifat tumbuhan ini yang cepat bertumbuh dan berkembang biak.

Anda bisa membersihkan ganggang dengan menambahkan cairan kimia yang dapat menjaga kadar pH dan alkali dalam air.

Kadar pH yang ideal untuk air kolam renang adalah 7,4 sampai 7,6. Sedangkan kadar ideal alkali adalah 100–150 parts per million (ppm).

Kolam renang yang sudah terkontaminasi kotoran seperti hujan dan terik matahari mungkin membutuhkan cairan kimia yang lebih banyak dibandingkan perawatan biasanya.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan pompa dan sistem filtrasi air. Adanya perputaran dan filtrasi air dapat menghindari ganggang dan organisme lainnya tumbuh dalam kolam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com