Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Perpustakaan di Atas Bukit Ini Punya Kolam Renang Atap

Kompas.com - 19/12/2022, 06:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perpustakaan dikenal sebagai tempat yang penuh buku, tenang, dan sering dijadikan sebagai tempat belajar atau bekerja.

Terkadang, perpustakaan juga dilengkapi dengan kafe atau galeri pameran yang disewakan untuk umum.

Uniknya, perpustakaan The Water Drop di Shuangyue Bay Central Park, Provinsi Guangdong, China, justru dilengkapi dengan kolam renang di atapnya.

Baca juga: 5 Perpustakaan Terbaik di Dunia Tahun 2022

Perpustakaan dengan arsitektur berbentuk lingkaran ini didesain oleh He Wei dan Chen Long dari 3andwich Design/He Wei Studio di atas sebuah bukit di tepi laut.

Dari dalam perpustakaan, pengunjung dapat membaca buku sambil menikmati pemandangan laut secara panorama dengan sudut pandang seluas 270 derajat.

Namun, keunikan lainnya yang menjadi daya tarik utama dari perpustakaan ini adalah adanya kolam renang di atas atap perpustakaan yang bisa membuat pengunjungnya terlihat seperti berjalan di atas air.

Penampakan pemandangan laut dari dalam perpustakaan The Water drop di Shuangyue Bay Central Park, Provinsi Guangdong, Chinadok. Huizhou Shuangyue Bay Real Estate Investment and Development Co., Ltd. Penampakan pemandangan laut dari dalam perpustakaan The Water drop di Shuangyue Bay Central Park, Provinsi Guangdong, China
Pengunjung bisa menyusuri jalan setapak tersembunyi di bagian Utara dinding bukit yang akan membawa mereka ke pelantaran kecil di kolam renang.

Selain kolam renang, perpustakaan ini juga memiliki galeri pameran, ruang teh autentik untuk tamu penting, dan kafe.

Untuk bisa mencapai ke tempat ini, Anda tidak bisa menggunakan kendaraan. Anda hanya bisa memarkirkan kendaraan hingga jarak tertentu lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki ke atas bukit untuk bisa memasuki perpustakaan serba putih ini.

3andwich Design/He Wei Studio menyebut proses ini sebagai “jalan menuju segunung buku”, proses yang diharapkan dapat membantu pengunjungnya lebih menghargai proses belajar yang diperoleh saat berada di perpustakaan.

Karena tempatnya yang berada di atas bukit, perpustakaan The Water Drop bisa menjadi spot foto yang menghasilkan foto elok tanpa interupsi di latarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com