Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejauh Mana Proyek Rel Ganda KA Solo Balapan-Kalioso? Ini Progresnya

Kompas.com - 27/11/2022, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan rel ganda (double track) kereta api (KA) Solo-Semarang Fase 1 Segmen Solo Balapan-Kalioso telah dimulai Agustus 2022 lalu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah mengecek progres pekerjaan proyek sepanjang 10 kilometer spoor (Km'sp) itu pada Sabtu (26/11/2022).

Dari 10 Km’sp, sepanjang 1,8 Km’sp dibangun rel kereta api layang (elevated), di atas 7 simpang perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo, yang terkenal dengan kemacetannya.

Sehingga dengan dibangunnya rel layang ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi

"Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya," kata Budi di Lokasi Proyek Pembangunan Jalur Ganda Ka Solo Balapan-Kalioso di Viaduk Gilingan, Solo.

Per Agustus 2022, pembangunan rel ganda KA Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso telah memasuki tahap dua. Yakni pengerjaan substructure jembatan dengan rangka baja (pondasi dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter).

Pengerjaan akan memakan waktu 6 bulan, mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023. Adapun progres pekerjaan tahap dua per 25 November 2022 mencapai 38,52%.

Baca juga: Proyek Rel Ganda KA Solo Balapan-Kalioso Telan Biaya Rp 920 Miliar

Selanjutnya, pada tahap tiga akan dilakukan pembangunan berupa erection bentang rangka baja. Rencananya mulai dikerjakan pada Februari hingga Juli 2023 dan dilanjutkan dengan erection bentang utama pada Agustus hingga Oktober 2023.

Selain itu, Kemenhub bekerja sama dengan Kementerian PUPR melakukan pembangunan Viaduk Gilingan di Jl. Ahmad Yani, Solo, yang menyebabkan bakal dilakukan penutupan sementara.

Pekerjaan ini akan meningkatkan batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter.

Dengan ketinggian itu, Viaduk Gilingan dapat dilalui bus besar dan akan memperlancar lalu lintas dari dan menuju ke Masjid Raya Sheikh Zayed di kota Solo.


Menhub melanjutkan, berharap pembangunan viaduk tersebut dapat diselesaikan pada Maret 2023 mendatang.

"Ini akan melancarkan masyarakat yang akan menuju ke masjid maupun sebaliknya. Ini akan menjadi salah satu wisata religi yang menjadi daya tarik baru di kota Solo," tukasnya.

Seiring adanya pekerjaan ini, Kemenhub bersama Pemerintah Kota Solo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi dampak kemacetan dari adanya pembangunan rel KA layang (elevated) Solo-Semarang di Simpang Joglo, Solo.

Secara keseluruhan, pembangunan jalur ganda KA Solo Balapan-Kalioso ditargetkan selesai pada april 2024 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com