Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu-satunya di Indonesia, Tol Ini Punya Lima Terowongan Gajah

Kompas.com - 27/11/2022, 06:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) merupakan satu-satunya jalan tol yang memiliki terowongan perlintasan gajah di Indonesia.

Branch Manager (BM) Tol Permai AA GD Indrayana mengatakan, terdapat lima titik perlintasan gajah di tol tersebut.

Kelima titik terowongan perlintasan gajah di Tol Permai berada di KM 61, KM 69, KM 71, KM 73, dan KM 76.

"Jadi, tol kita ini memang spesial ya, yang ada satu-satunya di Indonesia. Jadi, ada perlintasan gajah atau terowongan gajah," jelas Indrayana kepada Tim Merapah Kompas.com, Rabu (23/11/2022).

Indrayana menjelaskan, apabila gajah ini melintasi terowongan perlintasan di Tol Permai, maka bisa diketahui dari adanya tapak kaki maupun kotorannya.

Tol Permai juga memiliki keistimewaan lainnya seperti disetelnya lagu melayu di Gerbang Tol (GT) Pekanbaru sebagai akses masuk tol itu.

Baca juga: Lewat GT Pekanbaru Tol Permai, Anda Akan Disuguhi Lagu Melayu

Musik melayu itu merupakan public address system untuk safety campaign (kampanye keselamatan) yang secara terus-menerus diputar selama 24 jam.

"Kedua, karena kita di tanah melayu, tentunya kita harus menyuarakan musik-musik daerah sini. Tadi terdengar kan, lagu melayu," ucap Indrayana.

Bahkan, beberapa dari petugas Tol Permai merupakan penyanyi. Jadi, salah satu lagu yang didendangkan bagian dari lagu mereka.

Adapun Tol Permai dirancang sepanjang 131 kilometer yang merupakan jalan tol terpanjang ketiga di Indonesia.

Jalan bebas hambatan berbayar tersebut terdiri atas enam seksi yakni, Seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Selanjutnya, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com