Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso Resmi Dibangun

Kompas.com - 08/01/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memulai pembangunan Jalur Ganda Kereta Api (KA) Solo Balapan-Kalioso dan Rekayasa Lalu Lintas (Lalin) di Simpang Joglo, Sabtu (8/1/2022).

Dimulainya pembangunan infrastruktur ini ditandai dengan penekanan sirine pada acara groundbreaking (peletakan batu pertama) tersebut.

Penekanan sirine pada acara peletakan batu pertama ini dilaksanakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, seremonial groundbreaking pembangunan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso dan Rekayasa Lalin di Simpang Joglo Kota Surakarta saya nyatakan dimulai," tegas Budi.

Pembangunan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso ini dilatarbelakangi karena adanya kemacetan di Simpang Joglo yang bersinggungan dengan tujuh ruas jalan raya.

Baca juga: Masa Libur Natal 2021, 60 Persen Kapasitas KA Jarak Jauh Terisi

Konstruksi infrastruktur konektivitas ini dilaksananakan dengan bersinergi oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso memiliki panjang 10 kilometer, di mana terdapat elevated track sepanjang 1,8 kilometer.

Selain itu, konstruksinya menggunakan jembatan tipe pelengkung rangka baja komposit dengan bentang 270 meter dan tinggi 40 meter.

Ini menjadi bentang terpanjang di Indonesia yang melintang di atas Simpang Joglo dengan struktur underpass (terowongan) di bawahnya.

Desain pembangunannya ini menyerap nilai sejarah dan kearifan budaya lokal Kota Solo berupa motif batik Sidomukti, Pasar Klewer, dan Keraton.

Konstruksi Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso ini diharapkan dapat menjadi ikon baru Kota Solo.

Pembangunannya ini nantinya dapat menambah frekuensi perjalanan kereta api yang semula 96 perjalanan per hari menjadi 144 perjalanan.

Selain itu, memangkas headway semula 26 menit, menjadi 20 menit dengan adanya Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com