Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tol Pekanbaru-Bangkinang Dioperasikan Tanpa Tarif Akhir Oktober

Kompas.com - 21/10/2022, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mengumumkan bahwa Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 km akan dioperasikan tanpa tarif.

Sebagaimana dikutip dalam rilis pers pada Jumat (21/10/2022), pengoperasian tol tersebut akan dimulai Kamis (27/10/2022) tepatnya pukul 07.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, pihaknya telah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1189/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Sebelumnya, telah dilakukan juga uji coba pengoperasian Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan membuka secara fungsional pada momen Mudik Lebaran 2022 lalu.

Kemudian disusul pelaksanaan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 6-9 Juni 2022, serta diberikan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Kementerian PUPR pada 29 Juli 2022.

Baca juga: Siap Diresmikan Jokowi, Ini Profil Tol Taba Penanjung-Bengkulu dan Pekanbaru-Bangkinang

"Untuk mendukung pengoperasian, kami telah menyiapkan sebanyak 106 personil dan 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari Ambulans, Derek, Patroli Jalan Raya (PJR), Derek, Rescue, dan lainnya serta 4 Gardu Tol Otomatis (GTO), 31 Titik CCTV, dan 2 Titik Variable Message Sign (VMS)," ujar Dwi.

Sebelum jalan tol dioperasikan, Hutama Karya telah mempersiapkan kapasitas SDM melalui pelatihan kepada calon petugas yang akan mengoperasikan selama 37 hari.

Terkait dengan kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, pelatihan evakuasi dan derek, pelatihan mekanikal dan elektrikal, serta pelatihan sistem transaksi dan peralatan tol yang diikuti oleh 98 orang.

Adapun sesuai kebijakan regulator, pengoperasian Tol Pekanbaru-Bangkinang masih belum dikenakan tarif selama masa sosialisasi berlangsung.

Baca juga: Akhir 2022, Banda Aceh-Seulimeum Ditarget Telah Terhubung Tol

"Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik (satu kartu) saat melintas," tandas Dwi.

Hutama Karya pun mengimbau bagi pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com