Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2022, Bali Bakal Punya Hotel Baru Kelas Bintang Lima

Kompas.com - 14/10/2022, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali akan memiliki tambahan satu hotel baru lagi dengan klasifikasi bintang lima yakni Kimpton Resort Nusa Dua.

Dalam laporan Colliers Indonesia yang dirilis pada 5 Oktober 2022, hotel tersebut berlokasi di Jalan Nusa Dua yang dilengkapi dengan 50 kamar.

Mengutip laporan tersebut, Kimpton Resort Nusa Dua Bali saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Senior Associate Director Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan, selama Kuartal III tahun 2022 tidak ada pembukaan hotel baru di Bali.

Menurut dia, penambahan hotel di Bali hanya terjadi pada Kuartal II tahun ini dengan jumlah 298 kamar.

Baca juga: Hingga Akhir 2022, Bali akan Punya Tiga Hotel Bintang 5 yang Baru

Jumlah kamar tersebut disumbang dari dua hotel yang kini sudah beroperasi yakni Aloft Hotel Kuta Beach dengan 175 kamar dan Jumeirah dengan total 123 kamar.

"Ini 20 persen lebih rendah dari pasokan pada tahun 2021," ungkap Ferry dikutip dari laporannya, Jumat (14/10/2022).

Ini belum lagi ditambah dengan beberapa hotel yang berhenti operasi selama Pandemi Covid-19. Sementara yang lainnya baru beroperasi sebagian. 

Akan tetapi, Bali diuntungkan karena menjadi tuan rumah dari acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan pada November 2022.

Pemerintah Indonesia telah secara resmi menunjuk delapan hotel yang dinilai lulus penilaian sebagai tempat menginap untuk delegasi tamu negara G20.

Untuk mengantisipasi kemungkinan okupansi cenderung lebih tinggi, delapan hotel akan mendapatkan layanan keamanan ekstra.

"KTT G20 pasti akan membantu meningkatkan kinerja hotel di Bali, terutama bagi mereka terletak di sekitar venue utama di Nusa Dua," ucap Ferry.

Namun demikian, sejak dilonggarkannya peraturan terkait dengan perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri, Bali mulai dibanjiri aktivitas luring yang tentunya membantu mendongkrak kinerja hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com