Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Desain Rumah Minimalis dan Industrial

Kompas.com - 05/10/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, desain rumah minimalis sangat populer terutama bagi mereka yang masih berusia muda.

Namun karena tampilannya yang mirip, terkadang desain rumah minimalis sering disamakan dengan konsep desain rumah bergaya industrial. Padahal keduanya sangat berbeda.

Seperti dikutip dari Real Living, desain rumah minimalis menekankan pada kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi.

Baca juga: Begini Cara Menata Ruang Penyimpanan di Garasi Rumah Minimalis

Konsep desain ini memiliki ciri arsitektur yang hemat ruang dan ramping. Rumah minimalis adalah perwujudan dari ruang yang bersih dan terbuka dengan tata letak yang rapi dan lugas.

Karena itu, rumah jenis ini harus dipenuhi dengan cahaya alami, yang dipantulkan dari permukaan dinding, langit-langit dan lantai untuk menyeimbangkan suasana dan fungsi.

Perhatian yang lebih kepada bentuk, warna dan tekstur adalah elemen kunci  harus diberikan dalam gaya desain ini.

Salah satu kesamaan antara konsep rumah industrial dan rumah minimalis adalah kehadiran ruang terbuka yang luas sehingga hunian tampak leluasa.


Sesuai namanya, gaya desain ini sesuai dengan nuansa industri dengan penggunaan bahan-bahan manufaktur. Seperti logam, kayu, dan kaca pada sebagian besar ruang di dalam rumah.

Desain rumah industrial juga cenderung menampilkan gaya yang lebih berani dan mencolok. Misalnya interaksi permukaan antara kayu dan logam serta lantai beton yang dipoles.

Elemen desain utama dalam konsep industrial adalah penggunaan pipa terbuka, balok telanjang dan saluran-saluran air yang terlihat dengan jelas tanpa ada yang ditutupi.

Baca juga: Simak Kelebihan Membangun Rumah Bergaya Industrial

Karena itu, desain rumah industrial sangat cocok bagi individu yang unik serta bersedia mengambil risiko dalam hidup.

Singkatnya, desain rumah minimalis dikenal modern dan bersih karena kehadiran ruang yang disederhanakan di mana fungsi lebih diutamakan daripada hal lain.

Sementara gaya industrial sering digambarkan memiliki tampilan yang sangat alami. Konsep ini juga dikenal karena sifatnya yang eklektik, artinya ia memiliki campuran berbagai jenis benda di ruang yang sama.

Kedua konsep hunian ini bisa dikombinasikan asalkan tidak ada penggunaan elemen dekorasi yang berlebihan dalam ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com