Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.184 Rumah di Kalsel Dapat Bantuan Bedah Gratis, Ini Daerahnya

Kompas.com - 19/09/2022, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan menargetkan, sebanyak 2.184 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kalimantan Selatan (Kalsel) dibedah.

Pelaksanaan bedah rumah ini disalurkan melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan metode Padat Karya Tunai (PKT). Sehingga, mampu melibatkan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di daerah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pihaknya membidik program BSPS ini bisa membuat RTLH milik masyarakat kurang mampu menjadi layak huni.

"Pelaksanaan program BSPS ini dilaksanakan di seluruh Indonesia dan tidak ada pungutan biaya sama sekali," jelas Iwan dalam keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Padat Karya Tunai Bedah Rumah Butuh 379.797 Pekerja, Ini Rinciannya

Sementara Direktur Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR KM Arsyad dalam kunjungan lapangan dan seremoni pemasangan peneng BSPS di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar mengapresiasi keswadayaan masyarakat Kalsel dalam pelaksanaan BSPS.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat Kalsel yang sudah berswadaya dalam memperbaiki tempat tinggalnya menjadi lebih layak dari sebelumnya," kata Arsyad menambahkan.

Menurut, Pemerintah Daerah (Pemda) juga bersinergi untuk menjadikan hunian tidak layak menjadi layak huni.

Penyalurannya dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap pertama berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebanyak 150 unit dan progres kegiatan ini sudah berjalan 100 persen di lapangan.

Sedangkan tahap kedua diberikan alokasi tambahan sebanyak 2.034 unit dengan total anggaran Rp 40,680 miliar.

Ini yang tersebar di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Banjar 1.349 unit, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 136 unit, Kabupaten Hulu Sungai Utara 234 unit, dan Kabupaten Balangan 315 unit.

“Total jumlah BSPS di Kalsel menjadi 2.184 unit. Kami targetkan seluruh proses pembangunan program BSPS bisa selesai pada akhir tahun ini,” tutup Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com