Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Naik, Penjualan Rumah Subsidi di Cibitung Justru Meroket

Kompas.com - 18/09/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memang berdampak bagi kenaikan harga material bangunan, hingga biaya produksi pembangunan rumah.

Namun belum adanya kenaikan harga rumah subsidi, membuatnya menjadi incaran masyarakat dalam waktu satu bulan terakhir,

Gencarnya penjualan juga dirasakan oleh pengembang rumah subsidi adalah Vista Land Group yang tengah mengerjakan proyek perumahan Puri Harmoni Muktiwari, Cibitung, Bekasi.

General Manager Regional Timur Vista Land Group, Ardian Hendra mengatakan sebelum harga BBM naik, di semester II tahun 2022 tren positif penjualan rumah di Cibitung sudah terlihat.

Baca juga: Pengembang Wilayah Sumatera Desak Pemerintah Naikkan Harga Rumah Subsidi

Apalagi selama dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19, sebagian besar konsumen menunda pembelian rumahnya disebabkan tidak stabilnya kondisi keuangan.

Dibandingkan perumahan di sekitarnya, penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Muktiwari sangat menggembirakan.

Sejak Januari hingga pertengahan Agustus 2022, tercatat lebih dari 200 akad kredit unit rumah subsidi yang berhasil dibukukan dari sekitar 300 konsumen yang mengajukan.

“Yang menarik pada pertengahan Agustus hingga pertengahan September saja atau pasca kenaikan BBM, malah penjualan naik signifikan. Tercatat ada 75 konsumen yang sudah akad kredit,” ujar Ardian.

“Ini yang membuat kami surprise, di saat harga BBM naik tetapi penjualan kami justru semakin meningkat,” lanjutnya.

Menurut Ardian, penjualan Puri Harmoni Muktiwari tetap meningkat karena harga jual di dua tahun ini tidak ada kenaikan. Apalagi kondisi keuangan masyarakat mulai membaik seiring roda menggeliatnya perekonomian.

“Banyak konsumen yang merasa momentum kenaikan BBM saat ini tepat untuk beli sebelum harga rumah naik,” jelas Adrian.

Tingginya minat masyarakat terhadap perumahan ini karena harga yang sangat terjangkau hanya Rp 168 juta untuk tipe 27/60.

Baca juga: Pengembang Minta Harga Minimal Rumah Subsidi Naik Jadi Rp 180 Juta

“Saat ini Puri Harmoni Muktiwari telah membangun rumah subsidi (FLPP) dan komersial sekitar 700 unit, dan kita juga sudah bangun beberapa unit Ruko 1 lantai, dan segera hadir Indomaret bulan November 2022,” papar Ardian.

Untuk rumah komersil, Puri Harmoni Muktiwari menawarkan Tipe 27 dengan luas tanah variatif dan harga jual Rp 280 jutaan.

Khusus bulan September 2022, ada diskon besar hingga 20 juta. Rumah yang akan dijual sudah ready stock, telah dilengkapi sertifikat lengkap, IMB dan sudah siap akad.

“Spesifikasi rumah yang ditawarkan yakni carport berukuran 3 meter, dinding double, tembok belakang sudah setinggi 2,5 meter, air bersih dan sudah ada kloset duduk dan shower. 70 unit sudah akad dan serah terima ke konsumen,” tambahnya.

Puri Harmoni Muktiwari juga sudah dilengkapi fasilitas seperti area bermain anak, masjid, lapangan olahraga, jogging track, dan lain sebagainya.

Lokasinya pun mudah diakses karena dekat dengan exit Tol Gabus, Stasiun KRL Tambun, Pasar Induk Cibitung, Rumah Sakit Umum Cibitung, sekolah serta tempat ibadah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com