Kompas.com - 17/09/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan menyelesaikan bendungan pertama di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada tahun 2025 yaitu Bendungan Tiga Dihaji.

Saat ini, progres pembangunan infrastruktur sumber daya air (SDA) tersebut telah mencapai 19,82 persen per akhir Agustus 2022.

Direktur Operasi I PT Hutama Karya (Persero) Gunadi mengatakan, perseroan berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan bendung dan bendungan yang ditargetkan rampung tahun 2023-2025.

"Kami juga memantau progres pembangunan bendungan lainnya yang sedang digarap, serta menyiapkan sejumlah strategi percepatan," tutur Gunadi dalam rilis, Jumat (16/9/2022).

Salah satunya dengan menambah jumlah alat pekerjaan timbunan, double shift untuk pengecoran spillway (pelimpah), dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat.

Baca juga: 4 Bendungan Garapan HK Tuntas Saat Kabinet Indonesia Maju Berakhir

Koordinasi dilakukan demi mempercepat pembebasan lahan agar rampung sesuai target dengan kualitas konstruksi yang baik.

Bendungan Tiga Dihaji ini nantinya akan menambah kapasitas daerah irigasi untuk lahan pertanian seluas 18.219 hektar.

Infrastruktur ini dirancang memiliki ketinggian puncak mercu bendungan setinggi 122 meter dan lebar 950 meter.

Sehingga, nantinya mampu melayani daerah irigasi sebesar 25.000 hektar daerah irigasi baru dan menyediakan listrik sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 40 MegaWatt (MW).

Selain membangun Bendungan Tiga Dihaji, perseroan juga tengah menggarap beberapa bendungan lainnya yang akan tuntas tahun 2024.

Keempatnya adalah Bendungan Ameroro Paket II di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Bulango Ulu Paket 1 di Provinsi Gorontalo, Way Apu Paket II di Provinsi Maluku, juga Meninting Paket I di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Hutama Karya optimistis bendungan-bendungan ini nantinya akan berdampak masif bagi masyarakat sekitar dan akan memberikan kontribusi bagi ekononomi nasional khususnya dalam memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan nasional," tandas Gunadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.