Pengembangan Jalan Tol di Sulawesi Bergantung pada Anggaran Pemerintah

Kompas.com - 15/09/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan jalan tol di Pulau Sulawesi sangat bergantung pada kemampuan anggaran Pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI pada Rabu (14/9/2022).

"Ini kembali membutuhkan banyak dukungan Pemerintah, sangat tergantung dari kemampuan anggaran Pemerintah," ucap Hedy.

Dalam kesempatan tersebut Hedy sekaligus melaporkan, total jalan tol di Sulawesi yang sudah beroperasi adalah 61,46 kilometer.

Meliputi Tol Ujung Pandang Seksi 1-3 sepanjang 10,08 kilometer, Tol Makassar Seksi IV 11,6 kilometer, dan Tol Manado-Bitung 39,78 kilometer.

Baca juga: Jika Tol Tuntas, Waktu Tempuh Bandara Sepinggan-IKN Hanya 30 Menit

Kemudian sepanjang 3,2 kilometer masih dalam tahap konstruksi dan 2.642,12 kilometer sedang direncanakan.

Sementara terkait rencana Tol Makassar-Maros-Sungguminasata-Takalar (Mamminasata) saat ini sedang dilakukan finalisasi dokumen kelayakan, optimasi trase terkait Jalan Bypass Mamminasata yang sudah terbangun dan direncanakan menjadi bagian tol.

Beralih ke Pulau Bali, terdapat 10,07 kilometer jalan tol yang telah beroperasi yakni Tol Bali Mandara.

Selain itu terdapat 42,1 kilometer jalan tol dalam persiapan konstruksi yaitu Gilimanuk-Mengwi Seksi 2 dan 3 (Pekutatan-Soka-Mengwi).

Sedangkan sepanjang 208,26 kilometer jalan tol masih dalam tahap perencanaan, meliputi Tol Gilimanuk-Sumber Klampok 10 kilometer dan Bandara Ngurah Rai (Benoa)-Mengwi (via Singapadu) 35,41 kilometer dalam proses studi.

Baca juga: Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Dimulai, Basuki: Harus Ikuti Irama Rock n Roll

"Kemudian yang sekarang sedang kita dorong ada dari Gilimanuk sampai ke Mengwi. Itu nanti next-nya kita akan lanjutkan dari Mengwi ke Denpasar dan Mengwi ke arah Pelabuhan Karang Asam," pungkas Hedy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.