Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakaaston Bakal Tambah Layanan di Dua Ruas Baru Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 15/09/2022, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hakaaston atau HKA akan mengelola dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) terbaru menyusul diversifikasi bisnis sebagai penyedia Jasa Layanan Operasi (JLO).

Kedua ruas JTTS baru yang dimaksud adalah Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 kilometer) dan
Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 kilometer).

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko HKA M Izzan Zubair mengatakan, total sudah sepanjang 498,6 kilometer ruas JTTS yang dilayani oleh perusahaan.

“Menyusul kita akan kelola rua ruas JTTS terbaru yakni Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 kilometer) dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 kilometer). Total sepanjang kurang lebih 498,6 kilometer JTTS yang telah kita layani," ucap Izzan dalam rilis, Kamis (15/9/2022).

Izzan menjabarkan, pada bisnis baru ini, HKA sebagai penyedia JLO di JTTS telah melayani Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140,4 kilometer.

Baca juga: Hakaaston Incar Pendapatan Rp 3,6 Triliun Tahun 2022

Kemudian, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 kilometer, Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) 131 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) membentang 35,8 kilometer, serta dua lokasi rest area di Tol Terpeka.

HKA yang menjadi penyedia manufaktur aspal dan beton untuk kebutuhan JTTS telah melakukan diversifikasi bisnis sebagai penyedia JLO sejak November 2021.

Diversifikasi ini dilakukan perusahaan dalam rangka mengembangkan bisnis eksisting dari core business (bisnis inti) manufaktur konstruksi.

"Sebelumnya, kami telah berkolaborasi dengan Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya (Persero) dengan peralihan layanan operasi jalan tol ruas-ruas JTTS dari penyedia JLO sebelumnya," tambah Izzan.

Dari sisi pelanggan, HKA berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah ditetapkan oleh Hutama Karya dan regulator terkait.

Sementara dari sisi pemeliharaan jalan tol, perusahaan memastikan untuk terus menjaga keselamatan, serta kenyamanan pengguna jalan tol dengan pemeliharaan melalui produksi hotmix dan beton yang merupakan bisnis inti HKA.

“Melalui diversifikasi bisnis ini, kami berharap dapat menambah portofolio bisnis eksisting yang berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan dan mampu memberikan kontribusi lebih bagi seluruh stakeholder (pemangku kepentingan),” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com