BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Dambakan Hunian Mewah dengan Fasilitas Premium? Berikut Karakteristik yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 09/09/2022, 18:20 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi guna menjamin rasa aman bagi keluarga. Di pasar properti, tipe rumah yang ditawarkan developer atau pengembang beragam, mulai dari rumah sederhana dengan tipe 21 hingga hunian mewah tipe 120.

Berbicara soal rumah mewah, pemerintah mendefinisikan hunian ini sebagai rumah dengan harga jual di atas 15 kali dari harga jual rumah umum yang ditetapkan pemerintah pusat, sebagaimana tertuang dalam Pasal 21E ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2021.

Beleid tersebut tak menjelaskan tentang karakteristik rumah mewah, hanya harga yang dijadikan patokan. Lantas, bagaimana jika rumah sederhana yang terletak di pusat kota memiliki harga jual 15 kali dari harga rumah umum yang dipatok pemerintah?

Selain harga jual, sebuah rumah bisa disebut mewah dengan melihat ciri bangunan, luas, dan ruangan yang dimiliki. Berikut adalah tujuh ciri rumah mewah tersebut.

Baca juga: Tren Pertumbuhan Properti Meningkat pada Triwulan I 2022, Ini Keuntungan Investasi Properti

1. Fasad megah

Salah satu unsur paling menonjol yang menjadi ciri rumah mewah adalah bagian eksterior, khususnya fasad. Tak hanya megah, fasad dibuat dengan beragam dekorasi sehingga membuat rumah terlihat mewah dan kontras dari rumah lain di sekitarnya.

Adapun tipe fasad yang kerap diadopsi pemilik hunian mewah adalah bergaya Bohemian. Gaya ini memberi kesan klasik, rustic, dan vintage, tapi tetap elegan. Ada pula tipe Skandinavian dengan dominasi warna putih dan bentuk atap datar dilengkapi awning atau kanopi.

Selain itu, fasad tipe minimalis juga kerap dipilih dengan dominasi warna-warna monokrom. Meski terkesan simpel, rumah tetap terlihat mewah dan elegan.

2. Foyer luas

Desain area ini diadopsi dari rumah di negara empat musim yang sebenarnya berfungsi untuk menghambat udara dingin.

Di Indonesia, foyer berfungsi untuk memberi kesan eksklusif pada rumah mewah karena dilengkapi dengan berbagai ornamen, seperti lukisan, guci keramik, cermin, sofa mini, dan tanaman indoor.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Idaman? Ikuti 4 Tips Berikut untuk Realisasikan Hunian Impian

3. Kamar tidur luas

Bergeser ke bagian interior, rumah mewah pada umumnya memiliki kamar tidur berukuran luas. Area privat ini semakin terkesan mewah lantaran dilengkapi ranjang kualitas premium, balkon, kursi duduk, wardrobe, dan meja kerja.

Tak sedikit pula rumah mewah dilengkapi walk-in closet, yakni suatu ruangan yang dirancang khusus untuk menyimpan pakaian dan aksesori pendukung penampilan, seperti sepatu, dasi, dan ikat pinggang.

Enchante Residence BSD menawarkan kenyamanan maksimal dengan masing-masing fungsi di setiap lantainya. Adapun lantai dasar yang dikhususkan sebagai service area untuk tamu dan dilengkapi master bedroom sebagai kamar tamu.Dok. Sinar Mas Land Enchante Residence BSD menawarkan kenyamanan maksimal dengan masing-masing fungsi di setiap lantainya. Adapun lantai dasar yang dikhususkan sebagai service area untuk tamu dan dilengkapi master bedroom sebagai kamar tamu.

4. Dapur terbuka

Ciri khas rumah mewah juga bisa dilihat pada bagian dapur. Tak sekadar sebagai area produktif untuk memasak, dapur pada rumah mewah juga difungsikan sebagai unsur penunjang agar bisa memberikan kesan berkelas.

Didesain dengan konsep terbuka atau open kitchen, dapur rumah mewah biasanya dilengkapi dengan kitchen island serta mini bar yang berfungsi untuk menyajikan makanan dan minuman ringan. Tak hanya itu, perangkat memasaknya pun lengkap disertai oven, kompor induksi, microwave, kulkas dua pintu, dan deretan wajan cantik.

5. Tersedia kolam renang

Elemen berikutnya yang umum tersedia pada rumah mewah adalah kolam renang. Biasanya, kolam renang pada rumah mewah dibangun di halaman belakang yang menyatu dengan area taman.

Baca juga: Melirik Kawasan Superblok sebagai Hunian? Ketahui Dulu 5 Keunggulannya

Area tersebut pun ditata secara apik untuk memberi kesan nyaman bagi penghuninya. Sebagai contoh, terdapat sistem pengairan yang baik serta pencahayaan apik untuk memberi kesan relaks di area kolam renang. Aksen cahaya ini makin menambah kesan mewah saat kolam digunakan pada malam hari.

Setiap unit Enchante Residence dilengkapi fitur terkini demi menambah kenyamanan penghuni, mulai dari panic button to security office, lift makanan (dumbwaiter), triple kitchen, home elevator, multi-storage garage, spa bathroom lengkap dengan bathtub, dan area parkir luas.Dok. Sinar Mas Land Setiap unit Enchante Residence dilengkapi fitur terkini demi menambah kenyamanan penghuni, mulai dari panic button to security office, lift makanan (dumbwaiter), triple kitchen, home elevator, multi-storage garage, spa bathroom lengkap dengan bathtub, dan area parkir luas.

6. Lingkungan yang nyaman dengan fasilitas lengkap

Selain memiliki desain eksterior dan interior yang baik, rumah mewah biasanya berada di lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini ditandai dengan penataan jalan yang baik serta kehadiran taman, jogging track, dan juga pepohonan rindang di area kompleks.

Pengelola kawasan residensial rumah mewah pun melibatkan petugas khusus untuk menata taman serta menerapkan sistem pengelolaan sampah yang baik. Dengan begitu, penghuni merasa nyaman dan tenteram.

Tak ketinggalan, kawasan rumah mewah juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang untuk mendukung kebutuhan penghuni, mulai dari taman bermain, tempat olahraga, sekolah, rumah sakit, pasar modern, hingga pusat perbelanjaan.

Itulah enam ciri yang menjadi khas rumah mewah. Anda yang mendambakan memiliki hunian mewah dapat merujuk pada ciri-ciri tersebut sebelum membeli.

Baca juga: Selain Rumah Tapak dan Apartemen, Investasi Properti Jenis Ini Juga Menjanjikan Keuntungan

Bertema resor, klaster Enchante menghadirkan rumah dengan desain berkelas, kokoh, dan mewah. Dengan tampilan fasad yang menawan, rumah tiga lantai itu didesain supermewah lengkap dengan lift pribadi.Dok. Sinar Mas Land Bertema resor, klaster Enchante menghadirkan rumah dengan desain berkelas, kokoh, dan mewah. Dengan tampilan fasad yang menawan, rumah tiga lantai itu didesain supermewah lengkap dengan lift pribadi.

Salah satu pengembang properti kenamaan di Tanah Air yang mengakomodasi hunian mewah adalah Sinar Mas Land di Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Banten. Di kawasan tersebut, Sinar Mas Land menawarkan hunian berkonsep luxury, yakni Enchante Residence.

Bertema resor, klaster Enchante menghadirkan rumah dengan desain berkelas, kokoh, dan mewah. Dengan tampilan fasad yang menawan, rumah tiga lantai itu didesain supermewah lengkap dengan lift pribadi.

Bagian interiornya pun dirancang apik dengan mengutamakan kenyamanan tinggi untuk menunjang kenyamanan penghuninya. Dikembangkan di tanah seluas 5 hektare (ha), hunian mewah tersebut hanya tersedia 100 unit dengan tiga kategori unit hunian.

Pertama, tipe Opulence lebar 18 dengan luas tanah (LT) 558 meter persegi dan luas bangunan (LB) 760 meter persegi. Kedua, tipe Lavish lebar 12 dengan LT 295-360 meter persegi dan LB 480 meter persegi. Ketiga, Magnifique lebar 10 dengan LT 220-340 meter persegi dan LB 398 meter persegi.

Ketiga tipe rumah Enchante Residence BSD itu menawarkan kenyamanan maksimal dengan masing-masing fungsi di setiap lantainya. Adapun lantai dasar yang dikhususkan sebagai service area untuk tamu dan dilengkapi master bedroom sebagai kamar tamu.

Baca juga: Mau Investasi Properti di Jakarta? Berikut 3 Lokasi Potensial untuk Mendapatkan Cuan

Lantai dua dikhususkan sebagai area untuk keluarga dan makan. Pada lantai ini terdapat sky balcony di bagian depan rumah. Sementara, lantai tiga didesain khusus sebagai area istirahat dengan tiga kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Berbagai fasilitas penunjang pun dihadirkan dengan konsep smart home, integrated security system, keamanan 24 jam yang didukung CCTV, luxurious clubhouse, dan jogging track.

Adapun fitur smart home yang dihadirkan berupa smart door lock, main gate with radio frequency identification (RFID), video door camera, wall pad wireless, smart lighting, smart closet, electric garage door, dan voice command.

Setiap unit juga dilengkapi fitur terkini demi menambah kenyamanan penghuni, mulai dari panic button to security office, lift makanan (dumbwaiter), triple kitchen, home elevator, multi-storage garage, spa bathroom lengkap dengan bathtub, dan area parkir luas.

Hunian mewah tersebut terletak di lokasi yang strategis, yakni dekat dengan pintu tol AEON Mall BSD dan sejumlah fasilitas utama, seperti Sekolah IPEKA BSD, Prasetiya Mulya BSD, ICE BSD City, QBig BSD, Sinarmas World Academy, The Breeze, dan Eka Hospital.

Baca juga: Cocok untuk Investasi, Sektor Properti Diprediksi Kembali Menggeliat pada 2022

Akses gerbang utama yang terletak di secondary road serta dekat dengan jalan utama semakin memberi nilai eksklusif dan privat.

Tertarik memiliki rumah mewah di Echante Residence BSD City? Dapatkan rumah kelas premium impian Anda dan segera lakukan deal dengan ekstra benefit sesuai periode promo yang berlaku.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Enchante Residence di BSD City, Anda dapat mengakses website Sinar Mas Land atau menghubungi call center (021) 53159000.

 


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com