Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2022, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang berencana membeli runah di sekitar wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, untuk saat ini tak perlu bingung.

Hal itu juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah IKN dan belum memiliki rumah sendiri.

Sebab, Kementerian PUPR menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk menggelar IKN Property Expo Tahun 2022 mulai 20-28 Agustus 2022 di BSC Dome Balikpapan.

Pameran tersebut diikuti sekitar 62 peserta dari pengembang perumahan. Baik itu rumah subsidi maupun komersial.

Selain itu juga perbankan, produsen bahan bangunan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkot Balikpapan, serta Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

Pameran tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022 sekaligus mendorong pembangunan hunian untuk masyarakat di wilayah IKN.

Baca juga: Peringati Hapernas 2022, Menteri PUPR Sebut Penyediaan Perumahan Rakyat Jadi Tanggung Jawab Negara

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto telah resmi membuka pameran properti itu.

"Semoga acara ini dapat berjalan sukses dan senantiasa mendapat ridho dari Allah," ujar Iwan saat membacakan sambutan tertulis Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip dari rilis pers, Sabtu (20/8/2022).

Iwan menerangkan, Peringatan Hapernas harus menjadi pemacu semangat para pemangku kepentingan bidang perumahan agar terus bersinergi.

Tujuannya mewujudkan hunian layak dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat di Indonesia. Termasuk di wilayah IKN.

Baca juga: 36 Rumah Tapak untuk ASN di IKN Dibangun Tahun Ini

Dia pun berharap pameran properti ini dapat membuka peluang bagi perbankan, pelaku pembangunan, serta Pemerintah Daerah untuk mengetahui daya serap pasar perumahan.

"Di samping itu, ajang ini saya harap dapat memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui jenis properti yang ditawarkan dan memilih rumah yang diinginkan," pungkas Iwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemkot Balikpapan, Arfiyansyah menjelaskan, pameran tersebut merupakan dukungan nyata Pemda terhadap program perumahan serta peringatan Hapernas di Indonesia.

Apalagi adanya perpindahan Ibu Kota ke Kaltim tentu membutuhkan hunian untuk masyarakat dan pegawai yang cukup banyak.

"Laju pertumbuhan penduduk memicu backlog perumahan di kota besar termasuk di Balikpapan," kata Arfiyansyah

"Adanya pameran ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan pembiayaan perumahan sekaligus mendorong investasi di daerah," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com