Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I-2022, Jakarta Punya Tambahan 429 Unit Apartemen Sewa

Kompas.com - 14/08/2022, 13:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pada semester I 2022, Jakarta mendapatkan tambahan 429 unit apartemen sewa yang baru. Ini membuat total apartemen sewa yang ada di Jakarta menjadi 9.348 unit.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan penambahan itu berasal dari apartemen yang berada di daerah Bilangan City, Jakarta.

“Total pasokan apartemen sewa bertambah 429 unit baru sehingga total apartemen sewa yang ada di Jakarta mencapai 9.348 unit,” ujar Syarifah dalam Press Confrence Jakarta Property Highlight Semester I tahun 2022, Kamis (11/2/2022).

Baca juga: 805 Unit Apartemen di Surabaya Menanti Penyewa Baru

Sementara itu, dikatakan tingkat hunian pada enam bulan pertama ini menguat 0.4 persen sehingga menjadi 58,8 persen.

Secara tahun ke tahun (year on year), tingkat okupansi apartemen sewa di Jakarta tercatat mengalami kenaikan sebesar 1,4 persen.

“Meskipun kenaikan tingkat hunian masih relatif tipis, namun kita melihat bahwa kebangkitan sehingga bisa merevisi kinerja apartemen sewa di Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, dari sisi harga, apartemen sewa yang berada di kawasan Central Business District (CBD) terjadi penurunan harga sebesar 0,3 persen dari semester sebelumnya.

Baca juga: Hingga Juni 2022, Apartemen di Surabaya Cuma Laku 72 Unit

Hal ini berbanding terbalik dengan apartemen sewa yang berada di area prime-non CBD di mana harga sewanya justru naik sebesar 1,5 persen dibandingkan semester lalu.

“Sebanyak 34 persen dari project eksisting masih menahan kenaikan harga sewa hingga saat ini. Ini adalah strategi sang pemilik untuk menarik para tenant kembali menyewa,” tambah Syarifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com