Kompas.com - 14/08/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda mengenai tarif integrasi untuk angkutan umum di Jakarta?

Tarif integrasi adalah biaya yang berlaku saat menggunakan lebih dari satu jenis transportasi umum, mencakup MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Transjakarta.

Penerapan tarif integrasi ini berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Umum Massal.

Penumpang hanya dikenakan penambahan sebesar Rp 250 per kilometer hingga angka maksimal Rp 10.000 per perjalanan.

Adapun tarif ini hanya berlaku bagi penumpang yang melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi JakLingko.

Baca juga: MRT Jakarta Sediakan Persewaan Power Bank di 13 Stasiun

Sebagai contoh perjalanan menggunakan tarif integrasi adalah dari Stasiun LRT Pegangsaan Dua menuju Stasiun MRT Lebak Bulus Grab, seperti yang diunggah oleh akun Twitter resmi MRT Jakarta @mrtjakarta pada Jumat (12/8/2022).

Penumpang mengawali perjalanan dari Stasiun LRT Pegangsaan Dua menuju Stasiun LRT Velodrome sejauh 6 kilometer dengan biaya Rp 4.000.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik Transjakarta di Halte Pemuda menuju Halte CSW atau ASEAN sejauh 12 kilometer seharga Rp 3.000.

Lalu, penumpang melanjutkan perjalanan dari Stasiun MRT ASEAN menuju Stasiun MRT Lebak Bulus Grab sejauh 8 kilometer seharga Rp 2.000.

Sehingga total biaya perjalanan menggunakan tarif integrasi ini adalah Rp 9.000. Sedangkan tarif normal bisa mencapai Rp 17.500 dengan rincian Rp 5.000 biaya LRT Jakarta, Rp 3.500 biaya Transjakarta dan Rp 9.000 biaya MRT Jakarta.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Rute LRT Jakarta dan LRT Jabodebek Berbeda Jauh

Untuk cara pemesanannya, calon penumpang harus memiliki akun JakLingko terlebih dahulu. Lalu masuk ke halaman utama dan klik pilihan 'tiket'.

Selanjutnya, klik 'beli tiket', masukkan rencana perjalanan dan klik 'cari perjalanan'. Setelah itu pilih 'rute terhemat' dan lakukan pembayaran menggunakan QRIS atau Fello.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.