Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: World Water Forum Bukan Agenda Kerja Kementerian PUPR, tapi Indonesia

Kompas.com - 11/08/2022, 11:01 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, World Water Forum (WWF) 2024 atau Forum Air Dunia bukanlah agenda kerja Kementerian PUPR, melainkan Indonesia.

Hal ini disampaikan Basuki kala mengisi sambutan Nationql Stakeholders Forum 2nd Announcement of 10th WWF di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

“Kenapa kita kumpul hari ini? Bapak/Ibu sekalian, World Water Forum bukan agenda kerja Kementerian PUPR, tetapi Indonesia,” ujar Basuki.

Ini dibuktikan dengan tidak adanya logo Kementerian PUPR dalam penyelenggaraan acara tersebut, melainkan lambang burung garuda dan World Water Council.

“Jadi, semua (stakeholders) kita diminta bergerak untuk menyukseskan World Water Forum ini,” tambah Basuki.

Dia juga mengungkapkan, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah dari WWF ke-10 pada tahun 2024.

Baca juga: Forum Air Dunia X Digelar di Bali, Basuki Ajak 100.000 Peserta

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah WWF ke-10 diambil setelah memperoleh 30 suara dari toal 36 suara Board of Governors (Dewan Gubernur) World Water Council dalam gelaran WWF ke-9 di Dakar, Senegal, Sabtu (19/3/2022)

Dengan mengangkat tema "Water for Shared Prosperity", WWF ke-10 akan menjawab tantangan dan potensi global yang disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

WWF memiliki beberapa misi dalam menyediakan platform bagi seluruh kepentingan pada bidang air untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, serta menciptakan ide-ide konkret dalam pengelolaan sumber daya air (SDA) lebih baik.

Kedua, mendorong pemikiran inovatif dalam mengatasi isu dan permasalahan terkini dalam pengelolaan SDA.

Ketiga, meningkatkan komitmen dan aksi para pembuat kebijakan dalam pengelolaan dan pengembangan SDA berkelanjutan.

Adpaun WWF merupakan kegiatan pertemuan internasional pada bidang air yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, sejak tahun 1997.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com