Rusun Pekerja KEK Tanjung Lesung Dikelola Banten West Java dan Pemkab Pandeglang

Kompas.com - 09/08/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahterimakan pengelolaan Rumah Susun (Rusun) Pekerja Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Provinsi Banten kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

KEK Tanjung Lesung ini merupakan salah satu dukungan bagi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan selaku Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, tidak hanya Pemkab Pandeglang, tetapi juga akan dikelola oleh PT Banten West Java atau BWJ.

"Nanti akan dikelola Pemkab Pandeglang bersama dengan BWJ. Jadi, ini kolaborasi BUMD dengan pengelola BWJ untuk mengelola kawasan ini," uijar Endra saat mengunjung rusun tersebut di Banten, Senin (8/8/2022).

Dia meminta agar kedua pengelola Rusun KEK Tanjung Lesung betul-betul merawatanya denga dibuat agar tidak gersang karena dekat pantai.

Endra juga meminta dibuat jalur evakuasi bagi para pekerja karena sebelumya pernah ada tsunami di wilayah tersebut.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Bakal Sokong Kawasan Pariwisata Tanjung Lesung

Rusun pekerja KEK Tanjung Lesung mulai dibangun pada tahun 2021-2022 dengan luas bangunan 2.950 meter persegi dengan anggaran senilai Rp 21,1 miliar.

Selain bangunan fisik, Kementerian PUPR juga menyediakan furnitur untuk mendukung kenyamanan para penghuni seperti lemari, tempat tidur, meja, dan kursi pada setiap unitnya.

Secara keseluruhan rusun dapat menampung 252 orang, yang dua diantaranya merupakan 2 unit difabel dan 62 unit reguler.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan terimakasih pada Kementerian PUPR dengan dibangunnya rusun yang berada tidak jauh dari tempat kerja.

Sehingga, dapat memberikan nilai efisiensi tinggi bagi para pekerja KEK Tanjung Lesung dan meningkatkan produktivitas para pekerja.

Saat ini calon daftar penghuni rumah susun sudah tersedia dan akan segera dilakukan penghunian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.