Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan Tol dengan Tarif Termahal di Indonesia

Kompas.com - 02/08/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara soal jalan tol, tentu tak terlepas kaitannya dengan tarif yang harus dikeluarkan pengguna.

Sebab, jalan tol merupakan jaringan jalan nasional yang penggunaannya tidak gratis alias berbayar.

Karena itu, jalan tol memiliki tingkat pelayanan keamanan dan kenyamanan yang lebih tinggi dari jalan umum biasa.

Selain itu, jalan bebas hambatan berbayar ini juga dapat melayani arus lalu lintas (lalin) jarak jauh dengan mobilitas tinggi.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya jalan tol mana dengan tarif termahal se-Tanah Air?

Ternyata, jalan tol termahal di Indonesia berada di Pulau Jawa dan lokasinya di Provinsi DKI Jakarta yakni, Enam Ruas Tol Dalam Kota Segmen Tol Kelapa Gading-Pulogebang.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit sebagaimana dilansir dari catatan Kompas.com, (2/3/2022).

“Jalan tol dengan tarif paling tinggi di Pulau Jawa yaitu 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta yang saat ini telah beroperasi untuk segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang dengan biaya Rp 2.167 per kilometer,” kata Danang.

Sesuai peraturan perundang-undangan besaran tarif tol, hal itu didasari pada kemampuan pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan (BKBOK), juga kelayakan investasi.

Baca juga: Mulai Minggu Ini, Tarif Tol Soreang-Pasir Koja Naik

"Besaran tarif tersebut telah mempertimbangkan kemampuan bayar pengguna jalan tol di daerah DKI Jakarta dan BKBOK," jelas Danang.

Selain itu, penetapan tarif tol juga disesuaikan dengan tingginya biaya investasi pembangunan jalan tol tersebut.

Mengingat biaya investasi yang tinggi di Enam Ruas Tol Dalam Kota akibat pembangunan jalan tol yang seluruhnya menggunakan konstruksi elevated (melayang), maka untuk menjaga kelayakan investasi dibutuhkan besaran tarif Rp 2.167 per kilometer.

Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang dirancang membentang 9,3 kilometer dan kini telah beroperasi usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), 24 Agustus 2021.

Pembangunan jalan tol ini melengkapi tol metropolitan Jabodetabek serta menjadi bagian dari Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

Konstruksi Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang juga diharapkan dapat membantu mobilitas wilayah Jabodetabek untuk mencegah kepadatan lalin.

Adapun berikut rincian tarif terjauh Enam Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang:

  • Golongan I: Rp 19.000
  • Golongan II: Rp 28.000
  • Golongan III: Rp 28.000
  • Golongan IV: Rp 37.500
  • Golongan V: Rp 37.500
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com