Kompas.com - 18/07/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang proyek dari hasil karya pemenang rancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menggunakan skema design and build (rancang dan bangun).

Informasi tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti usai penyerahan hadiah kepada para pemenang sayembara di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Ini Alasan Tak Ada Juara Pertama Sayembara Istana Wapres, Perkantoran Legislatif, dan Peribadatan

“Nanti dengan basic design (desain awal), segera kita lakukan pelelangan menggunakan (skema) design and build,” ungkap Diana.

Diana memastikan, lelang dari karya para pemenang tersebut akan dilaksanakan apabila desain awal telah selesai dikerjakan.

“Ya kita selesaikan dulu basic design-nya seperti apa karena nanti kita butuh waktu kan. Karena, nanti mengintegrasikan, mengkolaborasikan, kita punya target 2024 Insya Allah bisa terbangun,” tambah dia.

Ada empat kategori yang disayembarakan dalam rancangan kawasan dan bangunan gedung IKN yakni, Istana Wakil Presiden (Wapres), Perkantoran Legislatif, Perkantoran Yudikatif, juga Bangunan Peribadatan.

Baca juga: Lelang Istana Wapres hingga Sarana Ibadah Tunggu Basic Design Kelar

Sebelumnya, sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN mulai dibuka pada 28 Maret 2022 lalu.

Kemudian proses penjurian Tahap 1 berlangsung pada 6 Juni 2022-10 Juni 2022 untuk menentukan tiga desain terbaik.

Berlanjut pemeringkatan tiga karya terbaik pada 20 Juni 2022-22 Juni 2022. Setelah itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama dewan juri menetapkan karya pemenangnya.

Desain yang terpilih telah memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.