Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat UMKM Lokal, Plataran Gelar Pasar Bunga Akhir Pekan

Kompas.com - 11/06/2022, 18:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comPlataran Venues and Dining menggelar Plataran Weekend Flowers Market mulai Sabtu (11/6/2022) hingga Minggu (12/6/2022) di Hutan Kota by Plataran, Sudirman, Jakarta Pusat.

Lewat tagar Plataran for The People, Plataran mengangkat usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan menyediakan wadah agar peserta bisa memamerkan produk mereka.

Marketing Communication Manager Plataran Venues and Dining Prima Napitupulu mengatakan, pergelaran pasar bunga ini merupakan pilot project mereka.

Baca juga: Meski Cantik, Rupanya Bunga Kering dan Kaktus Tak Baik Menurut Fengsui

Jika berjalan sesuai rencana, Plataran Weekend Flowers Market akan diselenggarakan setiap bulan.

“Ini kan bisa kita bilang pilot project ya, setelah ini kita evaluasi dulu,” jelas Prima saat ditemui Kompas.com di lokasi acara, Sabtu (11/6/2022).

Plataran Weekend Flowers MarketKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Plataran Weekend Flowers Market
Tersedia sebanyak 10 stan yang menjual berbagai macam produk tanaman dan lainnya, mulai dari tanaman hias, bunga kering, sabun buatan tangan, kaktus serta makanan.

Pengunjung bisa datang mulai pukul 07.00-18.00 WIB dan hanya perlu melakukan registrasi tanpa dipungut biaya untuk menjaga kuota orang di lokasi atas dasar protokol kesehatan (prokes).

Terhitung sejak dibuka pagi tadi, Plataran Weekend Flowers Market telah dikunjungi 200 orang.

Baca juga: Mengapa Tanaman Palsu Dilarang Ada di Rumah? Nih Pandangan Fengsui

“Ini kan something new ya di Jakarta, jadi untuk menghadirkan flowers market seperti yang ada di luar negeri. Menariknya, ini mengandalkan UMKM. Jadi yang kita mau angkat adalah memang dengan produk lokal bisa juga membuat sesuatu yang skalanya internasional,” tambahnya.

Dengan berbagai promosi yang dilakukan melalui website, akun media sosial Plataran, influencer yang diundang serta tamu, diharapkan jumlah pengunjung bisa meningkat pada hari kedua acara Minggu besok.

Plataran Weekend Flowers MarketKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Plataran Weekend Flowers Market
Selain pasar bunga, terdapat juga kegiatan lain seperti flowers’s workshop dan sharing session setiap pagi dan sore hari.

Sementara menurut tim Wadah (salah satu UMKM), Afifah, setiap stan memiliki jenis produk yang berbeda.

“Karena beda jenis juga tanamannya, ada yang tanaman hias, ada yang bunga kering,” ungkapnya kepada Kompas.com.

Kata Afifah, pihaknya hanya perlu mendaftarkan diri melalui link Plataran dan tidak memerlukan kriteria tertentu yang diwajibkan untuk bisa berpartisipasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com