Sama-sama untuk G20, Dana Renovasi TMII Lebih Besar dari Beautifikasi Bali

Kompas.com - 10/06/2022, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang melakukan sejumlah pembangunan untuk menyambut helatan KTT G20 di Bali pada Oktober 2022 mendatang.

Pembangunan berlangsung masif di beberapa titik Bali, namun terdapat pula pengerjaan yang dilakukan di lokasi lain. Salah satunya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Kendati begitu, Kementerian PUPR menggunakan anggaran yang lebih besar untuk renovasi TMII dibandingkan pembangunan infrastruktur dan beautifikasi di Bali.

Hal itu dikemukakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja antara Kementerian PUPR dengan Komisi V DPR RI pada Kamis (09/06/2022).

Baca juga: Merasakan Indonesia Opera, Konsep Baru TMII Karya Urban+

Bahwa Kementerian PUPR mendapat tugas untuk penyiapan infrastruktur dan beautifikasi di Bali, serta renovasi TMII yang juga menjadi tempat berlangsung sejumlah acara G20.

"(anggaran) TMII jauh lebih besar Rp 1,2 triliun, kalau di Bali ini Rp 850 miliar," ujarnya.

Adapun renovasi TMII mencakup mulai dari penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Kemudian, renovasi area museum yang meliputi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas.

Dilakukan juga penataan lanskap pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, pembangunan community center, dan penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago.

Baca juga: Mudahkan Tamu G20, Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibangun

Selain itu, penataan Outer Ring TMII yang meliputi penataan halte, area parkir, gedung pengelola, serta pembangunan gedung parkir bertingkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.