Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fly Over Kopo Gunakan Jenis Aspal Caltex PG, Diklaim Kuat dan Nyaman

Kompas.com - 30/05/2022, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT Hakaaston atau HKA telah selesai melaksanakan pengasapalan Fly Over Kopo di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat.

HKA selaku penyuplai aspal dalam proyek Konstruksi Fly Over Kopo memastikan, perusahaan telah menyiapkan aspal dengan kualitas terbaik.

Direktur Teknik dan Operasi HKA M Alfin Zaini mengatakan, pengaspalan yang dikerjakan HKA via unit produksi HKA Palimanan mencakup ruas jembatan utama dan oprit atau akses aspal menuju jalan raya.

"Untuk mendapatkan kualitas aspal yang kuat dan nyaman saat dilintasi, kami menggunakan Caltex Penetration Grade (PG) 60/70 dengan Retained Stability lebih dari 90 persen. Deliverable hasil yang optimal menjadi fokus utama kami saat ini," jelas Alfin dalam rilis, Senin (30/5/2022).

Pembangunan infrastruktur Fly Over Kopo dilakukan sepanjang 1,3 kilometer dan luas 18 meter oleh kontraktor utama PT PP (Persero) Tbk.

Sementara HKA dipercaya untuk menyuplai dan menghampar aspal jenis AC Base sebesar 165 ton dan AC-WC sebesar 3.310 ton sejak April lalu dan tuntas tepat waktu sesuai target Pemkot Bandung selaku pemilik proyek.

Baca juga: Flyover Kopo Dibuka untuk Uji Coba, Catat Waktunya

Hingga kini, Pemkot Bandung telah melakukan uji coba Fly Over Kopo sejak Kamis (19/5/2022).

Uji coba yang dilakukan selama sepekan ini bertujuan untuk melihat kesiapan konstruksi Fly Over, baik konstruksi jembatan dan aspal yang dilintasi pengendara sebelum resmi digunakan.

Proses ini dilaksanakan demi melihat langsung bagaimana progres konstruksi, memikirkan keselamatan pengguna jalan, dan cara bertindak (CB) sebelum digunakan.

Selain itu, uji coba ini dilakukan untuk meminta masukan kepada warga yang melintas apabila ada kejanggalan saat melewati Fly Over Kopo nantinya.

Selain berfokus pada pasar internal yakni mendukung pembangunan infrastruktur Jalan Tol
Trans Sumatera (JTTS), HKA juga memiliki target pasar eksternal.

Targetnya, engerjakan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proyek yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Contohnya, pada tahun 2020 lalu, HKA Unit Produksi Losarang juga menyuplai aspal pada Fly Over Akses Pelabuhan Patimban di Subang dan sejumlah seksi di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com