Kompas.com - 21/05/2022, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat, telah dibuka untuk masyarakat dalam rangka uji coba pengoperasian.

Sebagaimana informasi dari unggahan akun Instagram Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat pada Sabtu (21/05/2022).

"Flyover Kopo yang saat ini progres pekerjaannya sudah mencapai 95 persen sedang dilakukan uji coba untuk sisi bagian utara. Mulai 19 Mei 2022 hingga 25 Mei 2022, dimulai dari pukul 08.00-16.00 WIB," tulis akun tersebut.

Baca juga: Intip Desain Ornamen Flyover Kopo, Ada Maung Bandung hingga Kujang

Sehingga masyarakat bisa mencoba melintasi flyover sepanjang 1,7 kilometer itu. Namun harus tetap memperhatikan arahan dari petugas yang mengatur lalu lintas di area tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat (@pupr_jalan_dkijabar)

Merujuk informasi dari situs Kementerian PUPR, sesuai kontrak Flyover Kopo akan dilakukan Project Hand Over (PHO) pada September 2022.

Konstruksi Flyover Kopo dimulai pada November 2020 dengan nilai kontrak Rp 288,76 miliar yang dananya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Keberadaan flyover di Jalan Soekarno-Hatta ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo dan persimpangan Cibaduyut.

Flyover Kopo menggunakan dua jenis balok beton pracetak yaitu PCI girder dan PCU girder. Terdapat 183 girder yang digunakan, terdiri dari 171 unit PCI dan 12 unit PCU.

Flyover ini memiliki panjang 1,7 kilometer dengan lebar 18 meter yang terdiri dari 4 lajur dan 2 jalur. Rencananya juga akan dipercantik ornamen dengan kearifan lokal.

Nantinya, flyover ini akan dipercantik dengan beberapa ornamen. Meliputi Maung Bandung, Kujang, dan corak batik mega mendung yang berkolaborasi dengan budayawan lokal, serta pencahayaan warna warni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.