Mudahkan Pekerja Punya Rumah, REI Gandeng BTN Tawarkan Skema Rent To Own

Kompas.com - 20/05/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan sekaligus mengurangi backlog 11 juta rumah, asosiasi pengembang Real Estat Indonesia (REI) menggandeng PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN membentuk skema rent to own homes (RTO).

RTO merupakan skema sewa beli rumah yang dikemas dalam perjanjian khusus yang memungkinkan konsumen dapat membeli rumah setelah beberapa tahun menyewanya.

Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida mengungkapkan usulan skema ini akan diajukan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (20/5/2022).

Jika disetujui, skema RTO akan mulai diterapkan di kawasan-kawasan kota mandiri dengan basis industri, seperti di Cikarang, Karawang, dan lainnya.

Baca juga: Catatan Setengah Abad REI, Indonesia Kembali Pimpin Organisasi Bergengsi Dunia FIABCI

Salah satu proyek percontohan yang akan dibangun berupa rusunami di Jababeka City. Unit-unit rusunami ini dapat diakses oleh para pekerja industri dengan memanfaatkan fasilitas pembiayaan dari BTN.

"Ini seperti sistem sharing pembiayaan. Pekerja 40 persen, pengembang sebagai owner 60 persen. Setelah lima tahun sewa berjalan, pekerja bisa memutuskan untuk membelinya dengan membayar cicilan per bulan ke BTN untuk masa 10 tahun hingga 15 tahun berikutnya," tutur Totok menjawab Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Sejatinya, RTO bukan skema baru, Malaysia telah menerapkannya terlebih dahulu. Lantas apa itu skema RTO, dan mengapa REI mengadopsinya?

RTO merupakan skema sewa beli rumah yang memungkinkan konsumen menyewa properti (rumah) yang dipilih dengan menyewanya untuk jangka waktu tertentu sebelum membelinya.

Sederhananya, ini mirip dengan rumah gratis tetapi disewa dengan harga yang terjangkau.

Skema RTO mungkin terdengar rumit tetapi dapat memudahkan konsumen dengan kemampuan finansial terbatas untuk membeli rumah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.