Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Foto DPO Kasus Penguasaan Lahan PTPN 2 Beredar di Media Sosial

Kompas.com - 12/05/2022, 21:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Samsul Tarigan (44) warga Jalan Gunung Jaya Wijaya Lingkungan X, Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sumut sejak 2019.

Dia tersangkut kasus tindak pidana menguasai lahan perkebunan milik PTPN 2 Kebun Seisemayang, Kabupaten Deliserdang, Sumut.

Desakan agar Samsul segera menyerahkan diri menguat pasca fotonya bersama politikus PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi 3 DPR RI, Arteria Dahlan beredar di media sosial pada April 2022.

Baca juga: Foto Arteria Dahlan dengan DPO Kasus Penguasaan Lahan dan Tambang Ilegal Beredar

Foto tersebut memperlihatkan Arteria mengenakan kaos berkerah warna putih, di sampingnya seseorang mirip Samsul mengenakan kaos hitam.

Keduanya seperti baru menyelesaikan makan malam. Tersenyum ketika dijepret kamera di sebuah saung dengan kolam lebar dan rumah mirip vila di kejauhan.

"Kita minta yang bersangkutan menyerahkan dirilah. Kalau merasa benar, jelaskan kepada kita. Nanti proses di pengadilan yang menentukan bersalah atau tidak," kata Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes Pol John Carles Edison Nababan kepada wartawan di Mapolda Sumut pada 19 April 2022.

John bilang, untuk mengejar Samsul, pihaknya sudah melakukan penelusuran dan menggeledah rumah pribadinya.

"Belum kita temukan, tapi ini kita harus dituntaskan. Makanya kita minta yang bersangkutan menyerahkan diri," ulangnya.

Baru-baru ini, sosok Samsul kembali muncul di Facebook dengan akun akun Stabat Langkat Sekitar.

Unggahan foto memperlihatkan Samsul sedang bersama Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu dan tiga pria lain. Rizky duduk di tengah, seorang laki-laki mirip Samsul duduk di sebelah kirinya.

Pemilik akun menuliskan, sebagai berikut:

DPO Polda Sumut, samsul tarigan sejak tahun 2019 menjadi buronan polda sumut dan sampai sekarang blum jugak di tangkap.

DPO polda sumut tersebut yang di kenal dengan nama samsul tarigan sempat berfoto dengan anggota DPR RI Arteria Dahlan pada 7 Maret 2022.

Dan kali ini di hebohkan dengan adanya wakil walikota binjai berfoto dengan DPO Polda Sumut Samsul Tarigan.! Bagaimana Menurut Kalian.?'

Unggahan ini ditandai ke-96 akun lain. Samsul terlihat mengenakan baju hitam berselempang seperti ulos, dikabarkan diambil pada 13 Desember 2021, dalam sebuah acara peresmian rumah Muliadi Barus owner Diskotik Sky Garden di Kota Binjai, tepatnya di Jalan Sei Bangkatan.

Desakan warganet

Warganet mendesak Polda Sumut menangkap Samsul Tarigan. Sebagian beramsumsi negatif kalau polisi yang menangani kasus ini, menerima uang.

Ikhlas Sukanalu, misalnya, pengguna Facebook ini dalam akunnya menuliskan, "Mengapa buronan sejak 2019 sampai saat ini belum tertangkap juga? Apa alasannya??? Jangan sampai masyarakat berasumsi negatif kepada pejabat di lingkungan Polda Sumut. Masyarakat menduga telah menerima upeti dari buronan tersebut! Sama-sama kita Iihat, buronan masih sempat berpoto dengan Arteria Dahlan."

Cuitan juga datang dari Jackson Hutagalung. Dalam laman medsos FB dia menuliskan, "Sejak dari tahun 2019 buron, dan saat ini belum di tangkap, ataukah polda sumut sudah menerima upeti untuk pengkondisian buronan tersebut?" Ikhsan Farerra juga berkomentar, "Selain DPO dalam Perkara Tambang Ilegal (Galian C) ST juga Tersangka Dalam Perkara Penguasaan Lahan HGU tanpa Ijin".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com