Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Mengganti Jendela yang Sudah Usang?

Kompas.com - 10/05/2022, 17:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah rumah karena dapat mengatur sirkulasi udara.

Selain itu, dengan pemilihan motif dan ukuran yang tepat, jendela dapat membuat tampilan eksterior rumah menjadi lebih indah.

Bila jendela di rumah Anda terlihat mulai usang, mulailah mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang lebih modern karena banyak manfaat yang bisa dirasakan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Hemat energi

Jendela baru dapat menghemat banyak penggunaan energi di dalam hunian. Jendela baru dirancang khusus untuk melindungi rumah Anda dari elemen, menjaga kestabilan suhu internal dan membuat suhu rumah Anda lebih mudah diatur.

Baca juga: Begini Cara yang Benar Bersihkan Jendela Rumah Anda

Ini berarti AC Anda tidak perlu bekerja terlalu keras. Bila konsumsi energi turun, lebih sedikit perawatan yang diperlukan, dan peralatan Anda dapat bertahan lebih lama.

2. Keamanan dan keselamatan

Jendela macet kadang dianggap sepele. Namun ini bisa menimbulkan bahaya ketika Anda tidak dapat keluar dari rumah jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. Karena itu, sebaiknya ganti jendela baru yang dapat mudah dibuka.

Selain itu, mengganti jendela yang lebih modern pun dapat mencegah akses tidak sah ke properti Anda. Kunci dan sensor dapat dipasang untuk mencegah jendela dibuka oleh mereka yang tidak berkepentingan.

3. Perlindungan UV

Sinar UV dalam cahaya matahari memang dibutuhkan namun dapat menciptakan suhu tinggi ketika musim panas tiba.

Bahkan paparan sinar UV secara terus menerus juga dapat merusak dan mengubah warna interior dan furnitur.

Baca juga: Singkirkan Jamur dari Kursi, Pintu, dan Jendela Kayu dengan Cara Ini

Untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari, jendela baru dapat dilengkapi dengan lapisan pelindung sinar UV. Ini memungkinkan cahaya alami tetap masuk, namun dampak buruknya akan dinetralisir.

4. Meningkatkan kenyamanan

Rumah yang memiliki jendela tua biasanya memiliki suhu yang lebih panas. Ini tidak ideal karena akan menaikkan tagihan listrik untuk pendingin ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com