Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Balik, GT Cilegon Timur Tol Tangerang-Merak Terpantau Lancar

Kompas.com - 05/05/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur di Jalan Tol Tangerang-Merak terpantau ramai lancar sejak pukul 09.15 WIB.

Informasi ini sebagaimana disampaikan Astra Infra untuk Tol Tangerang-Merak melalui akun Instagram resminya @astratoltamer, Kamis (5/5/2022).

"Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh. Selamat pagi, kami informasikan di Gerbang Tol Cilegon Timur terlihat cukup landai," kata petugas tol.

Para pengendara yang ingin melakukan perjalanan diminta untuk memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima, juga kecukupan saldo elektronik.

"Dan hari ini adalah hari yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik, karena arus puncak diprediksi 7-9 Mei. Jadi, sahabat Astra Infra ayo lakukan mudik diluar arus puncak," sambungnya.

Sebelumnya, kemacetan sempat terjadi di Tol Tangerang-Merak, tepatnya berada di GT Merak menjelang dua hari Lebaran 2022.

Baca juga: H-7 Lebaran, Lalin Tol Tangerang-Merak Terpantau Lancar

Oleh karena itu, para pengguna jalan tol yang melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumatera dapat menjadwalkan keberangkatan sesuai dengan tiket kapal penyeberangan.

Bagi pengguna jalan yang sudah di kapal untuk dapat menggunakan pintu alternatif sebelum GT Merak.

Pengguna jalan tol diimbau untuk mencukupi saldo uang elektronik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar tidak terjadi gangguan pada saat melakukan perjalanan mudik.

Pengelola mengimbau agar para pengguna jalan tol memanfaatkan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Merak untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal adalah yang lebih dulu masuk ke kapal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com