Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-8 Lebaran, Penyeberangan dari Sumatera ke Jawa Masih Sepi

Kompas.com - 25/04/2022, 12:44 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus mudik jalur laut atau penyeberangan dari Pulau Sumatera menuju Jawa pada H-8 Lebaran atau Senin (25/4/2022) dilaporkan masih sepi.

Corporate Secretary PT ASDP Shelvy Arifin mengatakan, trafik penumpang dan kendaraan dari Sumatera (Pelabuhan Bakauheni) ke Jawa (Pelabuhan Merak) pada periode awal mudik angkutan Lebaran belum menunjukkan peningkatan.

“Pergerakan penumpang dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa relatif normal, bahkan masih sepi bila dibandingkan dengan Merak menuju Bakauheni,” ungkapnya, mengutip Antara.

Posko Data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni mencatat jumlah total penumpang Bakauheni-Merak pada Jumat (22/4/2022) hingga Minggu (24/4/2022) pagi hanya sebanyak 48.000 orang dan 12.294 total kendaraan.

Untuk rinciannya, kendaraan roda dua sebanyak 481 unit, kendaraan roda empat pribadi sebanyak 5.343 unit, kendaraan bus sebanyak 632 unit dan truk logistik sebanyak 5.838 unit.

Baca juga: Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, Cek Jadwal dan Syaratnya

Oleh karena itu, Shelvy dan pihaknya mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk mengantisipasi kepadatan penyebrangan mendekati Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

ASDP turut mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan dengan kapal ferry dari 4 pelabuhan utama, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

“Tentu menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal ferry tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. Dibutuhkan kerja sama seluruh pengguna jasa untuk dapat mengikuti aturan dan prasyarat perjalanan yang telah ditetapkan,” tambah Shelvy.

Baca juga: Kapasitas Pelabuhan Patimban Digenjot Bakal Setara Tanjung Priok

Adapun untuk mengantisipasi perkiraan peningkatan penumpang dan kendaraan pada mudik kali ini, ASDP melakukan berbagai persiapan.

“ASDP telah melakukan antisipasi dengan memaksimalkan kapasitas, baik kapal dan terminal pelabuhan. Dipredik, pucak arus mudik terjadi pada tanggal 29 dan 30 April 2022 dan  arus balik pada tanggal 7 dan 8 Mei 2922,” pungkasnya.

Tersedia pula sejumlah titik screening di pelabuhan untuk memastikan bahwa pengguna jasa sudah memiliki tiket.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com