Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Anda Bisa Lewat Tol Japek II Selatan Gratis

Kompas.com - 22/04/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan akan dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran tahun 2022.

Jalur fungsional yang dioperasikan dimulai dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengungkapkan, jalur fungsional tol tersebut tidak dikenakan tarif.

Akan tetapi, pengguna jalan tol diwajibkan untuk melakukan tapping (penempelan kartu) di Gerbang Tol (GT) Sadang.

"Di GT ini, pengguna jalan akan membayar tarif Tol Cipularang dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari GT di Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang di Tol Cipularang," papar Charles dalam rilis, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Ingat, Tol Japek II Selatan Beroperasi Fungsional Khusus untuk Kendaraan Golongan I

Untuk memastikan kesiapan jalan non-tol yang nantinya akan dilewati pengguna jalan, JJS berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI-Jawa Barat.

Ini soal kesiapan konstruksi jalan, pemasangan rambu petunjuk arah sementara, hingga peningkatan pelayanan transaksi di GT Karawang Timur.

JJS juga akan menyiapkan fasilitas pendukung di jalur fungsional Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan seperti penerangan, perambuan, stick cone dan flag man.

Fungsinya, memandu pengguna jalan, petugas dan pos pantau, fasilitas pengisian bahan bakar sementara, serta lainnya.

Jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan merupakan bagian dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer yang saat ini tengah menjadi prioritas pekerjaan dari total proyek secara keseluruhan.

Total panjang Jalan Tol Japek II Selatan nantinya mencapai 62 kilometer yang dibagi atas 3 seksi pekerjaan.

Untuk Seksi 1 yaitu Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer, dan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com