Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapakah Pemilik Tunjungan Plaza Surabaya?

Kompas.com - 13/04/2022, 20:48 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Jawa Timur, mengalami kebakaran hebat pada Rabu (13/4/2022) sore.

Pusat perbelanjaan ini berada di kawasan superblok Tunjungan Plaza dengan lokasi yang sangat strategis yakni di Jalan Embong.

Tunjungan Plaza terdiri dari 6 blok, dari TP 1 hingga TP 6, terintegrasi dengan Hotel Four Point dan Hotel Sheraton.

Pengelola mengatakan, kebakaran berasal dari TP 5. Api pun mulai mereda setelah 10 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi. 

Kawasan superblock ini dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan properti ternama di Indonesia, Pakuwon Grup.

Baca juga: Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Ini Penjelasan Pengelola

Seperti dikutip dari situs resminya, Pakuwon Group telah didirkan sejak tahun 1982. lebih dari empat dekade usianya kini, Pakuwon telah menjelma menjadi salah satu pengembang tersukses di Indonesia.

Proyek-proyek yang ditangani Pakuwon bukan hanya ritel, namun juga kawasan residensial, komersial, perkantoran, dan perhotelan.

Pakuwon Group juga merupakan pelopor konsep superblok di Indonesia, yang merupakan kawasan perpaduan antara pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, kondominium dan hotel.

Kesuksesan perusahaan, tak lepas dari tangan dingin sang pemilik, Alexander Tedja yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Baca juga: Obrolan Seru Warganet, Keliling Tunjungan Plaza Tak Tahu Jalan Pulang

Tunjungan Plaza sendiri merupakan landmark kota Surabaya dan pusat perbelanjaan yang paling banyak dikunjungi di Jawa Timur, bahkan mencapai 26 juta pengunjung per tahun.

Selain Tunjungan Plaza, Pakuwon Group juga memiliki beberapa mal megah lainnya di Surabaya, yakni Pakuwon Mall, Pakuwon Trade Center, Royal Plaza, East Coast Center dan Pakuwon Town Square. 

Sementara itu di Jakarta, Pakuwon memiliki tiga mall yakni Blok M Plaza, Gandaria City Mall, Kota Kasablanka Mall.

Di luar Jakarta dan Surabaya, aset perusahaan juga tersebar di Solo, dan Yogyakarta yakni Hartono Mall Solo, dan Hartono Mall Yogyakarta lengkap dengan Marriott Hotel.

Sementara di Bekasi, Pakuwon tengah membangun Pakuwon Mall Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com