Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Pengadaan Tanah Tol Getaci, Pemkot Klaim Lahan di Kota Bandung Klir

Kompas.com - 13/04/2022, 20:16 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengadaan tanah untuk pembanguna Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dimulai dari Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara.

Kebutuhan lahan pada segmen pertama tersebut mencakup tiga wilayah. Salah satunya berada di Kota Bandung.

Mengutip dari situs resmi Pemkot Bandung, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna memastikan lahan yang akan digunakan pembangunan Jalan Tol Getaci tak bersengketa.

"Lahan di Kota Bandung tidak dalam posisi sedang bersengketa, kita berkeyakinan yang di Bandung, clear," ujarnya pada acara Ekspose Pengadaan Tanah untuk Ruas Jalan Tol Getaci di Kantor Kanwil BPN Jawa Barat, Rabu, (13/04/2022).

Baca juga: Penlok Tahap Pertama Selesai, Tol Getaci Siap Dibangun Tahun Ini

Menurut dia, pengadaan tanah di Kota Bandung tidak akan menyita waktu. Sebab, dari 28,1 hektar lahan Kota Bandung yang masuk rencana tol, sekitar 95 persen merupakan milik institusi negara.

"Hanya ada satu bidang tanah milik warga. Bandung tidak terlalu sulit dan rumit pada saat memproses ini," jelasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Getaci Kementerian PUPR, Ade Sudrajat mengatakan, pihaknya akan memulai pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Getaci segmen pertama Gedebage-Garut Utara.

Rencana pembangunan Jalan Tol Getaci segmen Gedebage-Garut Utara melewati 3 kabupaten/kota.

Yaitu Kabupaten Bandung seluas 392,68 hektar, Kabupaten Garut 258 hektar, dan Kota Bandung seluas 28,1 hektar yang terletak di Kelurahan Rancabolang Kecamatan Gedebage.

"Proses pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Getaci ini sudah kita mulai sejak Maret 2022," jelasnya

Saat ini pihaknya juga telah mematok batas lahan warga yang dibebaskan untuk Tol Getaci. Terdapat 1.467 unit bangunan yang terdampak.

Di Kabupaten Garut sebanyak 855 unit (58 persen), Kabupaten Bandung 612 unit (42 persen), dan Kota Bandung tidak terdapat bangunan yang masuk rencana tol.

Baca juga: Pesan Basuki soal Tol Terpanjang Getaci dengan Investasi Jumbo Rp 56 Triliun

"Selanjutnya tim apraisal akan menentukan penggantian pembebasan lahan yang nantinya akan langsung disampaikan ke pemilik lahan secara langsung," lanjut dia.

Untuk diketahui, Tol Getaci membentang sepanjang 206,65 kilometer. Membuatnya sebagai calon jalan tol terpanjang di Indonesia.

Di mana ruasnya melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi, yakni Seksi 1 Junction Gedebage–Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer, seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.

Sedangkan seksi 3 Tasikmalaya–Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, dan seksi 4 Patimuan–Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com