Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Perpustakaan di Gedung "Not Balok Lagu" Taman Ismail Marzuki

Kompas.com - 08/04/2022, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengerjaan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta Utara masih belum selesai. Namun terdapat bangunan yang telah rampung dikerjakan.

Salah satunya yakni ruang perspustakaan di Gedung Panjang (Gedung Perpustakaan dan Wisma Seni). Kini ruang tersebut telah memiliki wajah baru.

Melansir informasi dari unggahan Instagram akun @jakprogroup pada Kamis (07/04/2022), TIM akan memiliki ruang perpustakaan yang baru.

Baca juga: Taman Ismail Marzuki Punya 6 Gedung Teater, Ini Fasilitasnya

Ruang perpustakaan baru di Taman Ismail MarzukiInstagram Jakpro Ruang perpustakaan baru di Taman Ismail Marzuki
"Perpustakaan yang lebih nyaman dengan koleksi buku beragam. Perpustakaan ini, akan berada di gedung panjang, lantai 4-6," tulis akun tersebut.

Gedung ini berada persis dipinggir jalan raya dan berdampingan dengan gedung parkir. Jadi lokasinya strategis dan mudah diakses dengan moda transportasi publik, seperti bus TransJakarta rute 5M.

"Progres revitalisasi Taman Ismail Marzuki per 28 Maret 2022, terus berjalan ya. Masjid Amir Hamzah dan Gedung Parkir sudah 100 persen, Gedung Perpustakaan dan Wisma Seni 100 persen. Sedangkan pengerjaan interior gedung capai 94 persen," pungkas akun @jakprogroup.

Ruang perpustakaan baru di Taman Ismail MarzukiInstagram Jakpro Ruang perpustakaan baru di Taman Ismail Marzuki
Wajah baru pada ruang perpustakaan tersebut akan semakin meneguhkan keindahan fasilitas di TIM. Sebab, bangunan perpustakaan dan wisma seni berjuluk Gedung Panjang sudah memiliki desain unik.

Melansir dari laman resmi PT Jakarta Propertindo (Jakpro), desain Gedung Panjang terinspirasi dari salah satu lagu karya Ismail Marzuki yang diwujudkan mirip not balok lagu pada fasad nya.

Baca juga: Unik, Fasad Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki Mirip Not Balok Lagu

Bangunan baru ini diarsiteki Andra Matin. Desainnya merupakan bentuk penggambaran dari lagu ciptaan Ismail Marzuki yang berjudul "Rayuan Pulau Kelapa".

Wajah Gedung Panjang di Taman Ismail MarzukiInstagram @wajahbaru_tim Wajah Gedung Panjang di Taman Ismail Marzuki
Bentuk bangunan Gedung Panjang terlihat memanjang. Bagian gedung 14 lantai itu terlihat berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional.

Fasilitas di Gedung Panjang terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni dan Wisma Seni.

Wajah baru TIM memang sengaja digagas sebagai pusat wisata edukasi kesenian dan kebudayaan terbaik.

Dengan berbagai keunggulan dan mengusung konsep mixed-use building, TIM akan menjadi Urban Art Center dan Creative Hub di Kota Jakarta dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com