Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Bersihkan Tandon Air Plastik di Rumah Anda

Kompas.com - 03/04/2022, 21:55 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan tandon air plastik tidak harus menjadi proyek besar. Cara terbaik untuk memastikan bahwa tandon tetap bersih adalah melakukan pembersihan rutin.

Tandon air yang terbuat dari plastik atau transparan sangat rentan terhadap kontaminasi karena menerima lebih banyak sinar matahari langsung saat ditempatkan di luar.

Bila tidak rutin dikontrol, maka akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan ganggang, yang dapat menyebabkan rasa dan bau yang pahit pada air.


Frekuensi pembersihan tandon air plastik tergantung pada seberapa banyak ganggang, lumpur, atau lendir yang terkumpul di dalamnya. Minimal tandon harus dibersihkan sekitar setahun sekali.

Baca juga: Tandon Air Baja Vs Plastik, Mana yang Lebih Baik?

Anda dapat menentukan apakah tandon perlu dibersihkan atau tidak dengan memeriksa bagian dalam tandon secara rutin.

Bila tandon terletak di area yang terpapar langsung sinar matahari, dapat mempercepat pertumbuhan mikroba. Karena itu, sebaiknya bersihkan tandon dua atau bahkan tiga kali setahun.

Untungnya, membersihkan tandon air tidak terlalu rumit dan dapat dilakukan sendiri. Sebagian besar bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan tandon air plastik mudah ditemukan.

Hal pertama yang harus dilakukan kuras air di dalam tandon. Anda bisa menggunakan bantuan pompa untuk mempersingkat waktu.

Setelah itu, hilangkan kotoran, lumpur, atau lendir yang menumpuk di dinding tandon. Gunakan sikat berbulu kasar atau alat pembersih yang dapat menjangkau setiap sudut tandon.

Baca juga: Jika Jakarta Setop Penggunaan Air Tanah, Giant See Wall Tidak Diperlukan Lagi

Bila dinding tandon sudah tampak seperti baru lagi, gunakan air untuk membilas kotoran yang terkumpul selama proses pembersihan.

Selanjutnya, gunakan larutan pemutih pakaian (1 sendok makan pemutih untuk 3,5 liter air) untuk menggosok bagian dalam tandon

Biarkan larutan pemutih bekerja setidaknya selama dua jam untuk membunuh bakteri atau kontaminan mikroba yang membandel.

Bilas bagian dalam tandon dengan air besih agar tak ada sisa pemutih atau sabun yang tertinggal. Jika sudah bersih, disanitasi, dan diberikan larutan pemutih, Anda dapat mengisinya sampai ke atas dengan air minum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com