Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Tagihan Listrik Naik, Bersihkan AC Anda Segera

Kompas.com - 30/03/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Forbes


KOMPAS.com – Sesuai dengan namanya, air conditioner (AC) atau pendingin udara adalah alat yang mampu mengatur suhu dan kelembapan udara di dalam ruangan.

Namun tahukah Anda bahwa AC yang jarang dibersihkan bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak karena mesin yang harus bekerja lebih keras?

Dilansir dari Forbes, Rabu (30/3/2022),The Departement of Energy merekomendasikan untuk melakukan pembersihan AC secara menyeluruh setidaknya setahun sekali.

Selain pembersihan tahunan, filter AC juga harus dibersihkan minimal satu atau dua bulan sekali dan diganti dengan yang baru setiap tiga bulan sekali.

Lantas, bagaimana cara membersihkan AC dengan benar?

Baca juga: Ini Rumus Menghitung Kebutuhan AC di Rumah

Pembersihan AC kemungkinan akan memakan waktu yang lama, sehingga sebaiknya luangkan waktu khusus agar hasilnya maksimal.

Pertama, pastikan keselamatan diri Anda dengan mematikan daya listrik AC.

Kedua, gunakan obeng yang sesuai untuk membuka eksterior atau pintu AC untuk mengakses koil evapator.

Pada bagian tersebut kemungkinan Anda harus melepas selotip yang mengakses pintu AC. Pastikan Anda telah menyimpan dan menandai sekrup AC dengan benar untuk mempermudah pemasangan kembali.

Ketiga, membersihkan kumparan evapator yang berdebu di dalam AC dengan menggunakan vakum.

Baca juga: Tinggal di Ruangan Ber-AC, Perlukah Pakai Humidifier?

Oleskan pembersih khusus AC tanpa bilas secara merata ke koil untuk membersihkan kumparan AC dalam sekejab.

Keempat, bersihkan drip pan atau panci tetes serta motor kipas dengan menggunakan pembersih rumah tangga.

Pada motor kipas, apabila terdapat lubang oli yang tertutup, lepaskan penutup dan oleskan beberapa tetes oli motor listrik serta ganti tutupnya.

Kelima, cuci atau ganti filter dengan yang baru. Pastikan juga filter baru memiliki aliran udara yang tepat untuk unit AC Anda.

Keenam, pasang kembali pintu akses AC dengan hati-hati menggunakan sekrup yang sesuai. Ganti selotip foil apapun dan jangan sampai menutupi unit yang memang harus tetap terlihat.

Ketujuh, bersihkan kotoran di sekitar unit AC, seperti di sudut rumah untuk memastikan ruangan bersih serta AC bisa bekerja dengan optimal.

Namun, jika Anda menemukan masalah pada AC yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan pembersihan unit, hubungi teknisi profesional sebelum kerusakannya semakin parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com