Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasikan 5 Ruas Tol Baru Tahun 2021, Jasa Marga Cetak Laba Rp 1,6 Triliun

Kompas.com - 21/03/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat kinerja positif selama tahun 2021 dengan mencetak laba bersih sebesar Rp 1,62 triliun.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan pendapatan usaha yang mencapai 22,8 persen dari hasil kenaikan pendapatan tol sebesar 23,1 persen dan kenaikan pendapatan usaha lain sebesar 20,0 persen.

Pencapaian tersebut merupakan dampak positif dari beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru yang didukung oleh peningkatan mobilitas masyarakat.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/3/2022), sepanjang tahun 2021 Jasa Marga telah mengoperasikan jalan tol sepanjang 55,94 kilometer.

Adapun jalan tol yang telah dioperasikan meliputi Jalan Tol BORR Seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) 2,85 kilometer, Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi I (Serpong-Pamulang) 6,50 kilometer, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran 14,19 kilometer, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I dan V (Balikpapan-Samboja) 32,40 kilometer.

Baca juga: Biaya Pemeliharaan Tol Bengkak, Jasa Marga Dukung Pemerintah Tindak Truk ODOL

Selain itu, dilaporkan EBITDA Jasa Marga turut mengalami peningkatan sebesar 28,3 persen seiring dengan pertumbuhan pendapatan tol tahun 2021.

Hal serupa terjadi pada realisasi EBITDA Margin mencapai 65,2 persen dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi yang dilakukan perusahaan pada tahun 2021.

Jasa Marga juga melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis perusahaan.

Langkah yang diambil adalah dengan melakukan divestasi atas kepemilikan 14 persen saham di PT Marga Lingkar Jakarta serta divestasi atas kepemilikan 9 persen saham di PT Jasamarga Pandaan Malang.

Lebih lanjut, Jasa Marga juga memanfaatkan momentum penurunan tingkat suku bunga tahun lalu dan berhasil mendapatkan rata-rata tingkat suku bunga pinjaman sebesar 6,53 persen per Desember 2021.

Baca juga: Tekan Angka Kecelakaan di Tol, Jasa Marga Pasang WIM dan Speed Camera

Perseroan terus mengupayakan tingkat suku bunga tetap yang kompetitif di level anak perusahaan untuk kurun waktu 5 tahun ke depan.

Pada aspek lingkungan dan sosial, Jasa Marga telah menanam total 73.583 pohon sepanjang tahun 2021 dan melaksanakan berbagai program penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

Kontribusi sosial lain juga diwujudkan lewat penyaluran sembako, pembangunan rumah ibadah, bantuan korban bencana, pembangunan fasilitas pendidikan, memberikan stimulus ekonomi kepada total 630 mitra dan bantuan pinjaman bergulir untuk UMK.

Hingga tahun 2021, total panjang jalan tol Jasa Marga yang telah beroperasi adalah 1.246 kilometer atau sebesar 51 persen jalan tol aktif di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga akhir tahun 2021 mencapai 1.603 kilometer di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com