Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bungalow di Atas Sawah Ini Siap Akomodasi Penonton MotoGP

Kompas.com - 17/03/2022, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlangsungnya Pertamina Grand Prix of Indonesia MotoGP 2022 kini tinggal menghitung jam.

Sejumlah pebalap dilaporkan telah sampai di Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika untuk melakukan persiapan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh para penggemar yang ingin menyaksikan langsung ajang balap motor kelas utama tersebut dengan memasan sejumlah penginapan.

Menurut Market in Minutes Savills Research, tingkat pemesanan hotel meningkat signifikan di sekitar Kawasan Mandalika, Lombok dan daerah tempat wisata lain seperti Gili Trawangan dan Mataram.

Hal yang sama juga terjadi di daerah luar Lombok, yakni Bali Timur di mana sebanyak 500 kamar hotel telah dipesan untuk acara MotoGP.

Baca juga: 80 Persen Hotel Melati di Mataram Sudah Dipesan Tamu MotoGP Mandalika

Untuk mengakomodir kebutuhan akan penginapan tersebut, salah seorang warga di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memanfaatkan peluang ini dengan membangun tujuh bungalow di atas sawah miliknya.

Adalah Maswan Turral selaku warga Desa Sukarara, Lombok Tengah sekaligus pemilik Turral Resto & Bungalow’s yang menciptakan akomodasi ini.

Maswan menjelaskan, pada awalnya ia hanya membangun sebanyak tiga unit bungalow dengan model lumbung padi tradisional khas Lombok.

Namun setelah melihat pasar penonton MotoGP yang mencari penginapan dekat Sirkuit Mandalika, Marwan kembali menambah empat bungalow di area yang sama.

“Awalnya, saya hanya main-main, tapi karena ada MotoGP ya saya lanjutkan lagi,” ujar Maswan dilansir dari Antara, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: Jelang MotoGP, Kenaikan Tarif Hotel Kawasan Mandalika Dibatasi

Dalam kondisi normal, bungalow tersebut dibanderol seharga Rp 500.000 per malam. Tetapi selama musim MotoGP, harga sewa meningkat hingga Rp 2,5 juta.

“Harga kamar masih dipegang travel agent, tapi standar harga khusus saat MotoGP Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta, kalau normalnya Rp 500.000 per malam,” tambah Maswan.

Bungalow ini menyediakan fasilitas kamar ber-AC yang nyaman dengan pemandangan hamparan sawah dan Gunung Sasak.

Selain itu, di kawasan bungalow juga tersedia restoran yang menyajikan makanan khas Lombok Tengah, seperti ayam pelecingan, cengeh dan sambal bawang putih beraroma khas.

Baca juga: Pullman, Hotel Bintang Lima Pertama di Mandalika, Lihat Fasilitasnya

Marwan kembali menjelaskan, pihaknya turut menyediakan fasilitas transportasi antar jemput bagi tamu yang ingin bepergian.

Berkat peminat yang masih tinggi, seluruh kamar bungalow dilaporkan telah dipesan oleh tamu mulai 16 Maret hingga 22 Maret 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com