Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk 52 Persen Pengerjaan, Sirkuit Formula E Telan Dana Rp 60 Miliar

Kompas.com - 07/03/2022, 08:39 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) atau Sirkuit Formula E dilaporkan menelan dana sebesar Rp 60 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Penanggung Jawab Proyek Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Ari Wibowo, dilansir dari Antara, Senin (7/3/2022).

Anggaran tersebut merupakan akumulasi dari total kebutuhan pembangunan trek balap mobil listrik Formula E.

“Anggarannya ini kalau di tahap saat ini kami masih Rp 60 miliar ya. Saya tidak boleh masuk ke keseluruhan anggaran untuk penyelenggaraan ‘event’ ini, karena itu di luar saya,” ungkap Ari.

Ari mengklaim, angka tersebut lebih hemat Rp 40 miliar dari perkiraan awal yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana atau Organizing Comitte (OC) Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni saat pertama kali mengunjungi area proyek JIEC, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Menilik Keamanan Bambu yang Dijadikan Material Sirkuit Formula E

Sahroni menjelaskan bahwa anggaran pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta bisa mencapai hingga Rp 100 miliar dan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Sahroni, dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kegiatan Formula E di Jakarta nanti adalah sekitar 78 juta Poundsterling Inggris atau setara Rp 1,4 triliun.

“Dampak dari kegiatan Formula E itu seluruhnya bisa hampir 78 juta Poundsterling Inggris. Itu bukan Pendapatan Asli Daerah yang diterima Pemprov DKI tapi keuntungan secara total,” ungkap Sahroni.

Sedangkan untuk target penonton, Sahroni menargetkan kapasitas penonton Formula E di JIEC bisa mencapai 40.000-50.000 orang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan bahwa pembangunan Sirkuit Formula E per 6 Maret 2022 telah mencapai 52 persen pengerjaan.

Baca juga: Sejarah Ancol, Venue Digelarnya Ajang Formula E Berawal dari Kunjungan Bung Karno ke Disneyland

“Kita perlu mengapresiasi Jaya Konstruksi dalam menyelenggarakan Sirkuit Formula E, saya berkunjung ke sini sudah mencapai 52 persen, jadi sisa 48 persen, Insya Allah selesai April ya,” kata Taufik.

Menurut Taufik, konstruksi jalanan untuk balap Formula E memiliki standar tersendiri yang tidak mungkin bisa dibandingkan dengan konstruksi jalan raya biasa.

Adapun target pembangunan Sirkuit Formula E yang ditetapkan dalam kontrak kerja sama dengan penyelenggara kontraktor adalah selama 54 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com