Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Bogor Sangat Diminati Para Pencari Rumah?

Kompas.com - 07/03/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Kawasan Bogor, Provinsi Jawa Barat, masih menjadi area yang diminati oleh para pencari properti.

Berdasarkan Indonesia Property Market Index Q4 2021, di saat kota lain mengalami penurunan tren pencarian properti, Kota Bogor justru mengalami peningkatan sebesar 21,84 persen secara kuartalan.

Dengan harga yang cenderung stagnan atau kenaikan yang hanya mencapai 0,04 persen, Kota Bogor mengalami pertumbuhan suplai yang cepat mencapai 10,83 persen.

Adapun pencarian properti di atas Rp 1 miliar, khususnya di kisaran Rp 1,5 miliar-Rp 4 miliar mendominasi dengan perolehan angka sebesar 28 persen.

Namun, apa yang membuat kawasan Bogor menjadi wilayah yang sangat diminati oleh para pencari properti?

Baca juga: Serba Rp 168 Juta, Intip Lima Pilihan Rumah Subsidi di Bogor

Country Head Rumah.com Marine Novita mengatakan, memiliki rumah di Bogor adalah hal yang cukup menjanjikan, terlebih dalam prospek tata wilayah yang lebih baik.

Kawasan Bogor didukung oleh pengembangan infrastruktur Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), LRT Jabodetabek hingga pembenahan angkutan umum yang semakin memudahkan akses transportasi masyarakat.

Hal tersebut ditambah dengan hadirnya ritel komersial, sebut saja IKEA dan AEON Mall di Sentul yang turut memberikan prospek yang baik bagi masyarakat.

Sementara itu, wilayah Bogor Utara saat ini juga telah mengembangkan kawasan terpadu yang mengintergrasikan pusat bisnis dan hunian, yakni One Central Business District (OCBD) Bogor. Perkembangan tersebut kian menambah prospek rumah di Bogor.

Meningkatkan minat pembeli di area tersebut juga didukung oleh faktor kelengkapan fasilitas yang dimiliki, seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan dan taman hiburan yang bisa dijangkau dengan mudah.

Baca juga: Anda sedang Cari Rumah Dekat Stasiun KRL Yogya-Solo? Ini Pilihannya

Belum lagi kawasan Bogor juga menawarkan rumah dengan harga yang relatif lebih murah ketimbang kawasan penyangga Jakarta lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan

Head of Research & Consultancy Savills Anton Sitorus menyebutkan, secara teknis jika melihat perencanaan tata dan ruang yang dibuat, Bogor dan daerah selatan Jakarta memiliki lingkungan yang asri.

“Kalau secara umum, dulu memang Bogor direncanakan secara tata kota sebagai kawasan penyangga Jakarta. Daerah selatan Jakarta itu menjadi penyangga untuk resapan air,” jelas Anton saat dihubungi Kompas.com.

Terkait hal ini, Anton menjabarkan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang tertarik untuk membeli rumah di Bogor.

Pertama adalah terkait preferensi. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dari yang lain, mulai soal lokasi hingga harga.

Baca juga: Ini Alasan Anda Perlu Pasang Smart Lock di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com