Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keajaiban Alam, Bikin Indonesia Didapuk Jadi Negara Terindah di Dunia

Kompas.com - 14/02/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia baru-baru ini ditahbiskan sebagai negara terindah di dunia versi media asal Inggris, money.co.uk.

Ditetapkannya Indonesia sebagai negara terindah ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, di setiap 100.000 kilometer persegi di wilayah Indonesia pasti terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis dan gletser.

Penulis yang sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi mengatakan, keajaiban alam nan indah dan ciamik ini jelas menjadi daya tarik besar bagi para pelancong dari penjuru dunia.

"Indonesia adalah negara terindah di dunia, per 100.000 kilometer persegi negara tersebut memiliki keindahan alam yang menakjubkan,” kata Haqqi seperti dikutip dari money.co.uk, Minggu (13/02/2022).

Baca juga: Adakah Sirkuit Terindah di Dunia Selain Mandalika?

Terlebih dikatakan Indonesia merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa dan punya 50.000 kilometer garis pantai.

Sejumlah destinasi wisata populer yang menyajikan keindahan alam di antaranya Bali, hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan termasuk cagar alam orang utan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.

"Dan di lepas pantai di Indonesia itu semuanya memiliki terumbu karang yang indah, penuh dengan kehidupan yang sebagian besarnya dapat dijelajahi. Provinsi Bali merupakan destinasi wisata yang populer bagi para pelancong," ucapnya.

Dengan keindahan yang dimiliki, Indonesia meraih skor atau poin 7,77 dari 10.

Apa yang dikatakan Haqqi senada dengan pendapat dari akun Twitter resmi @MotoGP. Tak hanya negara terindah, Indonesia juga memiliki sirkuit balap motor yang dianggap sebagai yang tercantik di dunia.

Keindahan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan pujian dari ofisial @MotoGP.

"What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world. Tempat yang luar biasa! Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang terindah di dunia," seperti dikutip dari cuitan tersebut, Minggu (13/02/2022).

Sementara itu, di tempat ke dua ada Selandia Baru (skor 7,27) dan Kolombia beraada di urutan ke tiga (skor 7,16). Menyusul selanjutnya Tanzania (Skor 6,98), Meksiko (Skor 6,96), Kenya (Skor 6,70), India (Skor 6,54), Perancis (Skor 6,51), dan Papua Nugini (Skor 6,39).

Kemudian Comoros (Skor 6,22), Ekuador (Skor 6,09), Amerika Serikat (Skor 6,03), Vanuatu (Skor 6,02), Jepang (Skor 6,00), Kepulauan Solomon (Skor 5,97), Italia (Skor 5,87), Filipina (Skor 5,80), Peru (Skor 5,66), Australia (Skor 5,65), dan Kosta Rika (Skor 5,65).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com